Sinar ultraviolet yang merupakan gelombang radiasi dari sinar matahari memiliki beberapa manfaat untuk tubuh. Manfaat tersebut di antaranya adalah untuk pembentukan vitamin D yang bisa mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh, serta menguatkan struktur tulang dan gigi. Sinar ultraviolet juga bisa membangun sistem kekebalan tubuh yang lebih baik. Maka dari itu disarankan untuk berjemur di bawah matahari selama 5 menit setiap pagi agar bisa mendapatkan manfaatnya.
Selain bisa memberikan manfaat untuk kekuatan dan sistem kekebalan tubuh, sinar ultraviolet memang lebih dikenal sebagai penyebab dari kanker kulit. Sinar ultraviolet juga bisa berdampak buruk bagi tubuh terutama apabila terpapar pada siang hari di atas jam 9 pagi. Gelombang radiasi ini bisa tembus ke lapisan kulit dalam yang merusak sel-sel di kulit dan mempercepat terjadinya pigmentasi. Proses ini bisa mengakibatkan kulit menggelap, terbakar, hingga muncul tanda-tanda penuaan dini. Agar Minasan terlindungi dari pengaruh sinar ultraviolet pada kulit, berikut adalah caranya.
1. Sunblok Dengan SPF dan PA++
Gelombang radiasi sinar matahari saat ini dibagi menjadi dua yaitu sinar UV A dan UV B. Ketika kita berada di bawah sinar matahari yang terik tentu akan terasa panas dan kulit serasa terbakar. Gelombang yang menyebabkan kulit terasa panas adalah sinar UV B yang juga menyebabkan kemerahan hingga kulit yang melepuh. Namun efek sinar matahari yang lebih parah disebabkan oleh UV A karena gelombang ini bisa masuk ke lapisan kulit lebih dalam. Sinar UV A bisa menyebabkan kulit menjadi lebih gelap hingga menyebabkan kanker kulit. Untuk menghindari dampak ini, gunakan sunblock yang tidak hanya mengandung SPF tetapi juga PA++ untuk melindungi kulit Minasan dari sinar UV A.
2. Biir Juga Butuh Perlindungan
Mengaplikasikan sunblock umumnya memang untuk badan dan wajah saja, terutama tangan dan kaki yang paling sering terkena sinar matahari. Namun bibir juga sebaiknya tidak dilupakan karena bibir juga merupakan bagian permukaan kulit yang paling sering terkena matahari. Perlindungan bibir terhadap pengaruh sinar ultraviolet pada kulit bisa dilakukan dengan menggunakan lipbalm sebelum memakai lipstick karena lipbalm umumnya mengandung bahan yang bisa melindungi bibir dari paparan sinar matahari dan menjaga bibir agar tetap lembab. Bila tidak dilindungi, gelombang sinar matahari dapat mengakibatkan bibir kering hingga terasa perih karena pecah-pecah.
3. Perlindunga Ekstra Saat di Luar Ruangan
Sinar matahari akan mencapai puncaknya pada pukul 10.00 hingga 16.00. Apabila Minasan melakukan aktivitas di luar ruangan pada jam tersebut sebaiknya kenakan pakaian yang longgar dan menyerap keringat agar geombang sinar matahari tidak mudah untuk masuk ke dalam kulit. Mata juga perlu dilindungi dengan sunglasses karena pengaruh sinar ultraviolet pada kulit juga bisa merusak penglihatan mata. Oleskan kembali sunblock setiap 2 jam sekali untuk memperbarui lapisan pelindung kulit dan jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan air minum agar tidak mengalami dehidrasi dan heatstroke.