Selain jerawat, flek hitam atau juga sering disebut noda bekas merupakan masalah kulit yang paling sering dialami wanita. Untuk mengatasinya Minasan dapat menggunakan bahan-bahan alami yang bebas efek samping dan sangat ekonomis. Umumnya bahan alami tersebut dijadikan masker atau ramuan dengan bahan dasar buah-buahan segar. Tapi, jika sedang tak ada buah Minasan dapat memanfaat sejumlah bahan di dapur untuk mengobati flek hitam, seperti 9 bahan berikut ini:
1. Kentang
Kentang mengandung banyak vitamin, mineral, asam lemak esensial dan berbagai fitokimia. Semua kandungan dalam kentang bisa merangsang elastin sintesis dan kolagen. Bahkan ada yang menyebut ramuan kentang yang diolah menjadi jus merupakan solusi terbaik mengatasi flek hitam. Kandungan vitamin C pada kentang juga bermanfaat mengelupas sel kulit mati sehingga bintik-bintik hitam akan lenyap.
Cara membuatnya parut kentang hingga halus dan tambahkan sedikit air. Lalu peras dan ambil sarinya. Campurkan sedikit jeruk nipis dan satu sendok teh madu. Kemudian oleskan di tempat berbintik hitam dan diamkan mengering sebelum dibersihkan.
2. Teh
Teh mengandung antioksidan dan vitamin E yang ampuh menangkal radikal bebas. Senyawa tersebut dapat mencegah penuaan dini dan dapat membantu menghilangkan flek hitam. Selain itu, teh juga memiliki astringent alami yang dapat menghambat pertumbuhan jerawat dan mengatasi mata sembab.
Caranya celupkan satu kantong teh dalam setengah cangkir air. Diamkan selama 1 malam penuh. Esok harinya Minasan sudah bisa mengunakannya dengan dioleskan pada kulit berbintik-bintik hitam. Diamkan mengering dan bilas memakai air bersih. Selain itu Minasan juga bisa menempelkan kantong teh ke are flek hitam sambil dipijat ringan.
3. Air Cucian Beras
Penerapannya layaknya masker wajah. Caranya dengan merendam beras secukupnya ke dalam air dan diamkan beberapa menit. Ambil saripatinya dan oleskan ke wajah berbintik-bintik hitam. Diamkan mengering lalu bilas air bersih.
Beras yang dipakai ialah jenis beras organik yang bebas bahan kimia. Selain itu, berasnya sendiri juga dapat dijadikan masker dengan ditumbuk terlebih dahulu dan dijadikan pasta. Lalu oleskan ke wajah. Kandungan beras dipercaya mampu memudarkan flek hitam dan menghaluskan kulit secara perlahan.
4. Madu Murni
Menghilangkan flek dengan madu murni umumnya dicampur dengan sejumlah bahan lain seperti putih telur. Campuran terebut diterakan seperti masker dan didiamkan mengering beberapa menit sebelum dibersihkan. Hasil maksimal akan didapat jika rutin diterapkan. Madu murni dapat membantu melenyapkan flek karena kandungan didalamnya bisa mencerahkan kulit, menghilangkan kerutan dan melembabkannya.
5. Minyak Zaitun
Menghilangkan flek hitam dengan minyak zaitun bisanya diterapkan bersama bahan lain seperti biji asam, bawang, madu dan sebagainya. Namun Minasan juga bisa menggunakan minyak zaitun saja dan mengoleskannya langsung ke kulit dengan flek hitam. Diamkan sekitar 15 menit sebelum dibilas. Rutin lakukan cara tersebut hingga bintik bintik memudar.
6. Biji Asam
Biji asam biasanya dipakai untuk pelengkap masakan. Tapi penggunaannya juga efektif menghilangkan flek. Minasan bisa menggunakannya sebagai masker dan rutin menerapkannya hingga bintik-bintik hilang. Membuatnya sangat mudah yakni haluskan biji asam dan tambahkan sedikit minyak zaitun. Aduk hingga seperti pasta dan oleskan ke wajah secara merata.
7. Bawang Merah
Bumbu dapur ini memiliki senyawa asam alami yang berfungsi memutihkan. Penerapannya yang rutin dapat menghilangkan flek hitam di kulit. Caranya cukup menghaluskan bawang dengan blender atau ditumbuk. Oleskan ke kulit yang memiliki bintik-bintik dengan bola kapas. Diamkan sekitar 10 menit lalu dibilas air bersih.
8. Yoghurt
Bahan yang sering digunakan sebagai minuman ini dapat memudarkan noda hitam secara alami. Oleskan saja pada area bintik-bintik kulit dan diamkan mengering sekitar 20 menit. Lalu bilas bersih dengan air dingin. Terapkan rutin setiap hari hingga flek menghilang. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan 1 sendok makan yoghurt, 2 sendok makan oatmeal dan 1 sendok teh perasan lemon.