Di pasaran banyak sekali produk serum wajah yang ditawarkan. Mulai dari merek ternama di dunia sampai merek lokal yang masing-masing memiliki keunggulan. Belum lagi pembagian jenis-jenisnya seperti serum vitamin C, vitamin E dan sebagainya.
Banyaknya variasi produk serum tentu jadi keuntungan konsumen karena bisa memilih sesuai kondisi, misalnya serum wajah untuk kulit berjerawat. Namun, akan jadi membingungkan dan memicu masalah kulit baru jika kurang pemahaman tentang penggunaan serum. Untuk mengenal lebih jauh tentang serum simak informasi menarik berikut ini.
Fakta Seputar Serum Wajah
1. Serum wajah dibuat untuk mengatasi berbagai masalah kompleks pada kulit wajah. Di antaranya seperti flek hitam, wajah kusam, kering, berjerawat, minyak berlebih, keriput atau penuaan dini dan sebagainya.
2. Serum wajah diformulasikan dalam molekul kecil sehinggga daya serapnya lebih tinggi dan lebih baik ketimbang pelembab atau krim biasa. Ini merupakan daya tarik serum yang dapat memberikan hasil maksimal untuk perawatan dan kecantikan wanita.
3. Serum bentuknya cair, tidak membuat kulit berminyak, tidak lengket saat digunakan dan menggunakan bahan aktif. Inilah yang menjadi alasan mengapa harganya lebih mahal dari pelembab atau krim biasa.
4. Meski kerap dibandingkan dengan pelembab atau krim, serum merupakan produk yang berbeda. Serum tak bisa diaplikasikan sendirian. Hasil maksimal akan didapat jika serum dipakai sebelum pelembab.
5. Pemakaian serum harus sesuai anjuran dalam kemasan produk dan jangan berlebihan. Kandungan nutrisi dalam serum sudah sangat tinggi. Jika digunakan terlalu banyak justru membawa dampak buruk pada kulit wajah. Biasanya cukup satu atau dua tetes serum untuk ditepuk-tepukkan ke wajah.
6. Serum tidak tahan lama. Bahan aktif dalam serum cenderung mudah rusak dan itulah mengapa produk kecantikan ini tanggal kadaluarsanya pendek. Untuk menjaga kualitas simpan serum di tempat sejuk dan dingin.
7. Perlu lebih teliti dalam membeli. Bahan aktif dan kuat dalam serum akan baik jika cocok penggunaannya. Namun berefek buruk jika salah. Untuk itu bagi yang berkulit sensitif dan berminyak perlu lebih jeli dan konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.
Cara Tepat Memilih Serum Wajah untuk Kulit Berjerawat
1. Ketahui terlebih dahulu jenis kulit wajah yang Minasan miliki. Ada 5 jenis kulit yang umumnya dimiliki wanita yakni, normal, kering, berminyak, kombinasi dan kulit sensitif.
Bijaklah dalam memilih produk dan jangan asal membeli. Hal ini berdampak buruk jika Minasan terkena efek samping. Untuk jenis kulit sensitif dianjurkan memilih produk setelah mendapatkan rekomendasi dokter.
2. Pahami kondisi kulit wajah Minasan dan tentukan tujuan pemakaian serum. Minasan perlu mengidentifikasi terlebih dahulu masalah apa yang sedang dialami. Misalnya, kulit berjerawat, minyak berlebih, keriput, kusam dan sebagainya. Setelah itu pilihlah produk serum sesuai dengan tujuan yang Minasan inginkan.
Serum untuk kulit berjerawat umumnya dianjurkan mengandung vitamin C. Serum bervitamin C tersebut bekerja menghambat pertumbuhan jerawat dan minyak berlebih agar kulit tampak cerah, lembut dan sehat.
3. Jadilah teliti dan baca label pada produk serum yang Minasan beli. Perhatikan komposisinya dan pastikan bahan tersebut aman serta cocok untuk kulit Minasan.
Setelah membeli jangan lupa mengikuti pentunjuk dan aturan tepat pemakaian. Meski produk sudah aman dan cocok, jika salah memakai bisa timbul masalah baru. Misalnya, sejumlah serum wajah untuk kulit berjerawat biasanya melarang penggunaan jika seseorang sedang berjerawat. Minasan diwajibkan menyembuhkan jerawat terlebih dahulu baru menggunakan serum. Pemilihan dan pemakaian yang tepat akan membuat kulit wajah tampak cantik, bersih dan sehat.