Berbicara masalah cara untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cerah selalu tidak lepas dengan susu. Susu tidak hanya menjadi sumber kalsium yang baik untuk segala umur, namun juga memiliki kandungan yang baik untuk kulit. Oleh karena itu, meskipun perawatan dengan menggunakan susu murni merupakan cara yang termasuk sudah kuno namun hingga kini masih banyak digunakan karena khasiatnya. Tips kulit cerah alami menggunakan susu sebaiknya menggunakan susu murni tanpa tambahan gula atau pemanis apapun. Hal tersebut bisa Minasan dapatkan dari susu bubuk skim atau susu murni yang baru diperah dan dimasak. Dikarenakan merupakan bahan yang sangat baik untuk mencerahkan dan melembutkan kulit, susu kerap digunakan sebagai salah satu komposisi dalam berbagai produk kecantikan. Di bawah ini akan dibahas mengenai manfaat dan cara menggunakan susu untuk mencerahkan kulit.
1. Manfaat Susu untuk Kecantikan Kulit
Selain kandungan zat besi dan kalsiumnya yang tinggi, susu murni juga kaya akan vitamin yang bisa membuat kulit semakin sehat yaitu vitamin A, D, dan E. Masker susu ataupun mandi susu bisa membuat kulit menjadi lebih lembut, meratakan warna kulit yang belang, mencerahkan dan memutihkan kulit dengan alami, mengatasi kulit yang kasar, pecah-pecah, bersisik, dan masalah kulit lainnya tanpa menimbulkan efek iritasi.
Manfaatkan susu sebagai bahan perawatan dapat Minasan terapkan sebagai tips kulit cerah alami, karena susu bisa memberikan manfaat sebagai berikut:
a. Mandi susu selama 15 sampai 20 menit dengan cara berendam akan membuat kulit Minasan lebih lembut dan mulus.
b. Minasan memiliki kulit wajah yang kurang sempurna dan warna kulit yang tidak merata? Gunakan masker susu yang dicampur dengan bahan berkhasiat lainnya, maka Minasan akan mendapatkan kulit wajah yang lebih lembut, kenyal, dan cerah bahkan setelah pertama kali penggunaan.
c. Susu ternyata juga bisa digunakan sebagai toner untuk membersihkan wajah dari sisa kotoran yang masih tertinggal. Sebagai toner, susu bisa mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit tampak lebih cerah karena sudah tidak terhalang lagi oleh kotoran yang menempel di wajah.
d. Susu juga bisa dimanfaatkan sebagai kompres mata untuk menghilangkan lingkaran mata yang menghitam terutama di bagian bawah. Mengkompres mata dengan susu dingin tidak hanya bisa menyegarkan kembali mata yang lelah namun juga membuat mata Minasan menjadi cemerlang karena kantung mata yang dihilangkan.
2. Resep untuk Memanfaatkan Susu Sebagai Perawatan Kecantikan
Memanfaatkan susu untuk tips kulit cerah alami adalah dengan membuatnya menjadi masker. Susu akan lebih baik jika digabungkan dengan bahan berkhasiat lain untuk mendapatkan manfaat kecantikan lainnya, bukan hanya kulit yang cerah. Cara untuk membuat masker susu adalah dengan mencampurkan 1 sendok makan susu bubuk, 1 sendok makan minyak zaitun, 1 sendok makan madu, dan satu sendok makan yogurt.
Minasan bisa menggunakan kuas masker untuk mengaplikasikan masker susu yang sudah tercampur rata ke wajah dan leher. Setelah masker teraplikasi dengan rata, tunggu kira-kira 15 sampai 20 menit sampai masker mengering. Bilas dengan menggunakan air hangat agar pori-pori kulit wajah terbuka, lalu bilas kembali dengan air dingin agar pori-pori menutup kembali.