Metode penghilangan bulu-bulu yang tak dikehendaki pada badan pada umumnya dilakukan dengan waxing, tweezing, atau pencukuran menggunakan pisau cukur secara manual. Efek negatif dari berbagai metode penghilangan bulu ini adalah rasa sakit saat proses perawatan, iritasi kulit, atau kemungkinan kulit tergores pisau cukur. Tetapi saat ini sudah ditemukan metode yang menggunakan teknologi modern dalam melenyapkan bulu-bulu pada tubuh yang disebut laser hair removal.
Secara umum dapat dijelaskan bahwa perawatan laser hair removal ini prosedurnya adalah dilakukan penyinaran pada area kulit yang hendak dihilangkan bulunya menggunakan laser. Sinar tersebut akan menjadi energi panas yang ditujukan pada akar rambut. Setelah beberapa waktu rambut akan rontok dengan sendirinya dan kulit Minasan pun akan menjadi mulus. Hampir seluruh bagian kulit tubuh yang dapat dihilangkan bulunya dengan metode ini bahkan pada wajah hingga area bikini line. Tertarik untuk mencoba? Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu menjadi bahan pertimbangan sebelum melakukan perawatan dengan laser ini.
Beberapa Hal yang Perlu Dipertimbangkan Tentang Laser Hair Removal
1. Lebih Efektif Pada Pemilik Rambut Hitam
Metode laser hair removal ini akan lebih efektif dilakukan pada orang yang berambut hitam. Laser pada perawatan ini bekerja dengan menembakkan pulsa cahaya pada rambut sehingga dapat memecah pigmen gelap pada rambut. Itulah sebabnya perawatan ini tak sesuai bagi orang-orang yang berambut pucat seperti pirang atau putih.
2. Efek Perawatan Berbeda Pada Tiap Orang
Minasan mungkin tertarik untuk melakukan perawatan laser hair removal karena melihat kolega atau teman Minasan mendapatkan hasil yang sempurna. Tetapi sebelum mencobanya, harus disadari bahwa efektifitas perawatan ini berbeda-beda pada setiap orang. Ada yang memang memperoleh hasil yang sangat memuaskan sehingga mereka tak perlu bercukur lagi, ada pula yang mengalami penurunan pertumbuhan rambut sekitar 70% hingga 80%. Hal ini dipengaruhi oleh etnis dan perbedaan dampak perawatan bagi kulit Minasan.
3. Rasa Sakit
Sama seperti efektifitas hasil perawatan, untuk rasa kurang nyaman yang Minasan rasakan juga bervariasi pada setiap orang tergantung dari sensitif atau tidaknya kulit yang bersangkutan. Perawatan dengan laser hair removal mungkin akan membuat Minasan merasakan sensasi menyengat saat lampu puling mengenai kulit, dan bahkan mungkin akan terasa lebih sakit pada bagian kulit yang lebih tipis. Banyak orang yang mengatakan sensasi ini terasa seperti karet gelang yang dijepretkan ke kulit. Untuk meminimalkan rasa tak nyaman ini Minasan dapat mengonsumsi pain killer setengah jam sebelum proses perawatan.
4. Hati-Hati Memilih Tempat untuk Perawatan Laser Hair Removal
Perawatan yang melibatkan sinar laser ini harus dilakukan oleh dokter atau esthetican bersertifikat. Untuk itu sangat penting untuk melakukan treatment laser hair removal pada klinik kulit atau klinik kecantikan yang legal. Jangan tergiur dengan harga murah karena efek samping yang mungkin terjadi bisa membahayakan kesehatan bila prosedur ini dilakukan oleh orang yang bukan ahlinya.
Beberapa hal di atas harus menjadi pertimbangan Minasan sebelum memutuskan untuk melakukan perawatan ini. Selain itu, sebaiknya lakukan konsultasi dulu dengan dokter untuk memperoleh saran yang tepat yang mungkin harus dilakukan sebelum atau sesudah menjalankan perawatan laser hair removal. Minasan juga mungkin akan mengalami efek samping ringan yang terjadi pasca perawatan ini. Jadi tak perlu panik jika merasa sedikit tak nyaman setelah melakukan metode penghilangan bulu ini.