Bila alat cukur manual atau metode waxing tak membuat Minasan puas dengan hasilnya, mungkin Minasan dapat beralih pada metode canggih penghilangan bulu pada tubuh yang disebut laser hair removal. Bahkan tak hanya mampu menghilangkan rambut-rambut yang mengganggu pada daerah kaki, tangan, atau bawah lengan, metode ini juga dapat melenyapkan bulu pada wajah hingga bikini line. Perawatan dengan laser ini hingga saat ini telah banyak dipilih para wanita karena risiko yang lebih minim, rasa sakit yang jauh berkurang, dan setelah beberapa kali perawatan Minasan akan memperoleh hasil yang permanen. Tetapi ada beberapa saran perawatan kulit yang harus dilakukan sebelum dan sesudah melakukan treatment.
Perawatan Pra dan Pasca Laser Hair Removal
Sebelum perawatan dengan metode laser hair removal Minasan dilarang untuk melakukan metode perontokan bulu seperti tweeze atau wax paling sedikit selama 6 minggu. Jika bulu-bulu di beberapa area demikian mengganggu, Minasan bolah mencukurnya secara manual. Penyinaran dengan laser ini bertujuan untuk mematikan akar rambut, sementara waxing dan tweezing dapat menghilangkan akar rambut secara permanen. Selain itu, untuk menghindari efek samping atau komplikasi setelah perawatan, Minasan juga sebaiknya menghindari paparan sinar matahari selama lebih kurang 2 minggu sebelum dan sesudah perawatan.
Sebelum proses laser hair removal ini dilakukan, bagian tubuh yang dikehendaki untuk dihilangkan bulu-bulunya akan diolesi gel anestesi yang akan terasa dingin pada kulit. Hal ini untuk meminimalkan rasa tidak nyaman saat proses perawatan berlangsung. Pada beberapa jenis laser yang digunakan pada prosedur ini pasien juga diharuskan mengenakan kacamata pelindung.
Selanjutnya pada proses penyinaran metode laser hair removal, perawat akan menentukan level penyinaran berdasarkan etnis seseorang, reaksi kulitnya terhadap perawatan tersebut, dan sebagainya. Durasi penyinaran laser ini sesuai dengan luasnya area yang hendak dihilangkan bulu-bulunya. Untuk area yang lebih sempit seperti di bawah hidung, mungkin hanya butuh waktu beberapa menit, tetapi jika yang ingin dihilangkan bulunya adalah daerah punggung, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam.
Setelah treatment laser hair removal, reaksi awal yang akan langsung terlihat adalah warna merah pada kulit yang akan berlangsung selama beberapa jam. Pada kondisi ini sebaiknya Minasan meminimalkan untuk beraktivitas di luar ruangan selama 48 jam pertama karena kondisi kulit sedang sensitif. Setelah itu, bila hendak keluar rumah, oleskan tabir surya dengan SPF 30 dan lakukan selama 6 minggu berikutnya untuk memberikan waktu bagi kulit Minasan untuk beradaptasi.
Tunggulah 4 hingga 6 minggu sebelum melakukan perawatan laser hair removal lanjutan. Pada umumnya setelah 6 minggu biasanya orang sudah dapat melakukan aktivitas secara normal termasuk berenang dan berjemur. Tetapi tetap gunakan sunblock sebelum melakukan kedua aktifitas tersebut. Efek yang akan terlihat setelah melakukan perawatan adalah berkurangnya pertumbuhan rambut sebesar 70% hingga 80%. Hal ini membuktikan bahwa treatment yang Minasan lakukan mulai menunjukkan hasil.
Bila tak ingin lagi mengalami luka gores, kulit teriritasi, atau kulit menjadi kemerahan akibat metode konvensional dalam menghilangkan bulu-bulu pada tubuh, laser hair removal dapat menjadi alternatif pilihan yang tepat bagi Minasan. Dengan melakukan perawatan lebih kurang 8 kali Minasan akan memperoleh hasil yang permanen. Dana yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan treatment ini memang bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung dari luas area kulit yang hendak dihilangkan bulunya. Nah, selamat tampil percaya diri dengan kulit mulus dan bebas bulu!