Bila Minasan sudah bosan mengalami masalah kulit tergores pisau cukur, kulit kemerahan setelah waxing, atau rasa sakit saat proses perawatan penghilangan bulu tubuh yang tak diinginkan, tampaknya Minasan bisa mulai mempertimbangkan untuk melakukan laser hair removal. Perawatan ini tergolong penemuan baru dalam bidang kecantikan dengan memanfaatkan teknologi penyinaran laser yang aman bagi kulit. Saat melakukan treatment seseorang akan disinari dengan laser pada tingkatan yang dapat diterima kulit selama beberapa saat pada area yang hendak dihilangkan bulunya. Sinar ini kemudian akan menjadi energi panas yang ditujukan pada akar rambut atau folikel dengan tujuan merontokkan rambut dan menghambat pertumbuhan rambut berikutnya.
Sama seperti bedah kosmetik lain, perawatan penghilangan bulu dengan laser hair removal ini juga mempunyai pro dan kontra. Tetapi terlepas dari semua itu, banyak orang yang tertarik untuk melakukannya, tak hanya wanita tetapi juga pria karena menganggap prosedur ini akan memberikan hasil yang permanen. Untuk itu ada pendapat yang mengatakan bahwa bahkan perawatan ini tak mungkin memberikan hasil yang permanen, tetapi sebenarnya Minasan tak perlu bercukur lagi dalam waktu 8 bulan hingga 1 tahun. Tetapi ada pula yang mengatakan bahwa setelah sekitar 8 kali treatment, folikel rambut telah rusak sehingga rambut baru tak dapat tumbuh lagi.
Pro Kontra Laser Hair Removal
Seperti yang telah disebutkan tadi, selalu ada pro dan kontra, beberapa orang yang setuju dengan laser hair removal berpendapat bahwa perawatan ini lebih minim efek samping dibandingkan metode penghilangan bulu yang konvensional seperti waxing, tweezing, termasuk mencukur secara manual. Selain itu metode ini lebih tak menyakitkan bila dibandingkan pencabutan bulu dengan cara lama. Hal ini sebenarnya relatif karena ketidaknyamanan yang Minasan rasakan tergantung dari sensitifitas kulit atau seberapa luasnya area kulit yang hendak dihilangkan bulunya. Lagipula, bukankah beauty is pain?
Untuk meminimalkan risiko atau efek samping yang berpotensi terjadi pasca treatment laser hair removal Minasan sangat disarankan untuk melakukan prosedur ini pada klinik berlisensi dan ditangani oleh tenaga yang benar-benar kompeten. Mereka dapat memberikan saran perawatan setelah treatment misalnya dengan krim pelembab, kompres es, atau pemberian pain killer dalam dosis yang sesuai. Selain itu banyak yang mengatakan bahwa untuk melakukan prosedur ini memang tampaknya kita harus mengeluarkan dana besar, tetapi secara jangka panjang biaya yang harus dikeluarkan ini masih lebih murah dibandingkan perawatan waxing yang harus diulang setiap bulan sekali.
Pendapat yang menyatakan ketidaksetujuan akan metode laser hair removal ini adalah karena dibutuhkan waktu lama mengingat treatment harus dilakukan berulang. Selain itu, selisih waktu untuk melakukan perawatan pertama dan perawatan berikutnya adalah sekitar 6 minggu. Pada umumnya seseorang direkomendasikan untuk mengulangi prosedur ini sebanyak 3 hingga 5 kali untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, tetapi hal ini tergantung dari warna kulit, luas area penghilangan bulu, dan jenis kelamin. Tentu saja semakin banyak sesi perawatan yang Minasan lakukan, dana yang harus Minasan keluarkan juga akan semakin membengkak.
Selalu ada efek samping yang terjadi setelah melakukan treatment laser hair removal seperti warna kemerahan pada kulit atau sensasi terbakar pada kulit yang sangat sensitif. Sekali lagi untuk menghindari terjadinya risiko yang mungkin akan membahayakan kesehatan, pastikan Minasan ditangani oleh profesional yang terpercaya pada klinik dengan track record yang baik. Jangan tergiur dengan harga murah yang diiklankan secara online tetapi tanpa kejelasan legalitas klinik. Nah, selamat mencoba!