Pori-pori yang besar merupakan salah satu masalah kulit yang paling mengganggu penampilan terutama pada kulit wajah. Membesarnya pori-pori pada kulit wajah disebabkan karena kotoran dan debu yang menempel pada wajah menumpuk dan tidak dibersihkan secara rutin dan tuntas. Pada wanita dengan kulit wajah berminyak pori-pori akan lebih mudah membesar karena kelenjar minyak yang berproduksi berlebihan menyebabkan pori-pori yang tertutup mencari ruang untuk bisa menyerap oksigen. Salah satu cara untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah adalah dengan rutin membersihkan wajah dengan sabun sebanyak 2 kali sehari, dan membersihkan wajah dari sisa make-up sebelum tidur dengan susu pembersih dan tonic. Di bawah ini adalah beberapa bahan alami untuk bisa mengecilkan pori-pori dan membuat wajah nampak lebih mulus.
1.Lemon
Bahan pertama yang bisa Anda manfaatkan untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah adalah air perasan buah lemon yang bisa dicampurkan dengan madu. Lemon mengandung vitamin C dalam jumlah yang cukup untuk membuat kulit tampak lebih mulus. Vitamin C merupakan salah satu bahan antioksidan yang bisa mempercepat regenerasi sel sehingga sel-sel baru bisa lebih cepat terbentuk dan menutup pori-pori yang membesar. Vitamin C pada lemon juga berguna untuk melindungi kult wajah dari sinar radiasi matahari yang bisa merusak pigmen kulit dan menyuburkan sel kanker.
2.Putih telur
Masker putih telur kini sedang populer dan banyak digunakan dalam bentuk kemasan olahan pabrik. Fungsi putih telur untuk pori-pori adalah sebagai zat perekat sehingga pori bisa mengecil dan semakin rapat. Selain bisa mengecilkan pori-pori, masker putih telur juga berguna untuk mengontrol kelenjar minyak agar produksi minyak pada wajah tidak berlebihan dan menyebabkan kotoran menempel sehingga pori-pori wajah tertutup. Pori-pori yang mengecil akan membuat kulit wajah lebih kencang dan lebih mulus. Cara membuat masker putih telur adalah dengan mencampur sebutir putih telur dengan minyak zaitun atau madu hingga membentuk pasta lalu oleskan pada wajah.
3.Jeruk nipis
Selain lemon, jeruk nipis juga kaya akan vitamin C dan lebih mudah ditemukan bahkan di pasar tradisional. Jeruk nipis yang mengandung tingkat keasaman cukup tinggi sebaiknya tidak digunakan pada kulit yang terluka seperti jerawat yang belum mengering karena bisa membuat kulit terasa panas dan gatal. Jeruk nipis dapat mengecilkan pori-pori kulit wajah dan mengangkat sel kulit mati wajah sehingga tanda-tanda penuaan pada kulit bisa dicegah. Caranya cukup hanya dengan mengoleskan air perasan jeruk nipis ke kulit secara merata lalu tunggu hingga kering kemudian bilas dengan air hangat.
4.Tomat
Buah tomat adalah buah dengan kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan baik untuk kecantikan kulit. Tomat juga mengandung lycopene yang berguna untuk mencegah terjadinya penuaan dini dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dengan lebih cepat. Sel-sel kulit yang cepat terganti akan membuat pori-pori tetap rapat dan mencegah infeksi terjadi apabila terdapat bakteri yang masuk ke pori-pori wajah. Mengecilkan pori-pori kulit wajah dengan tomat bisa dengan membuat tomat menjadi jus, kemudian dicampur dengan beberapa tetes madu atau air perasan jeruk nipis kemudian ditotolkan pada wajah dengan menggunakan kapas. Diamkan selama kurang lebih 15 menit sebelum dibilas dengan air bersih.