Menjalankan diet ketat bukan berarti Minasan membatasi habis-habisan asupan makanan Minasan. Diet ketat adalah merubah pola makan menjadi sehat dan meninggalkan kebiasaan buruk seperti terlalu banyak makan dan minum manis dalam satu hari, makan sebelum tidur, dan kurang minum air putih. Diet dengan pola makan sehat adalah dengan mengontrol nafsu makan untuk memperbaiki sistem metabolisme agar menjadi lebih teratur dan bekerja dengan baik. Sistem metabolisme yang berjalan dengan maksimal akan membuat timbunan lemak semakin berkurang dan tubuh bisa membuang racun yang menumpuk dengan lebih baik sehingga tidak ada lagi perut yang buncit. Di bawah ini adalah hal-hal kecil yang bisa menyebabkan diet Minasan tidak berhasil meski sudah diet dengan pola makan sehat.
1.Minum soda setiap hari
Minuman ini memang bisa memberikan efek menyegarkan dan rasanya yang tetap manis meskipun berlabel zero sugar. Namun, minuman bersoda adalah salah satu jenis minuman yang tinggi kalori bahkan yang zero sugar sekalipun. Minuman bersoda yang berjenis zero sugar akan memberikan rasa manis pada minuman dengan bentuk pemanis lain yang kalorinya lebih tinggi dibanding gula biasa. Kurangi minum minuman bersoda dan ganti dengan minuman yang lebih rendah kalori namun tidak kalah nikmatnya seperti teh atau jus buah segar.
2.Makan terlalu sedikit
Minasan tidak bisa mengurangi porsi makan secara sekaligus untuk program diet Minasan. Hal ini akan menyebabkan sistem pencernaan kaget dan justru akan menyimpan lemak lebih banyak sebagai cadangan energi karena asupan makanan yang berkurang drastis. Kurangi porsi makan dengan cara bertahap dan perbanyak makan-makanan yang kaya serat. Salah satu kunci dari diet dengan pola makan sehat adalah makanan tinggi serat agar tidak cepat merasa lapar dan buang air besar semakin lancar.
3.Menahan lapar
Lapar adalah salah satu sinyal yang dikirimkan oleh tubuh untuk menunjukkan bahwa cadangan energi sedang menipis. Cadangan energi yang berkurang akan membuat aktivitas Minasan menjadi kurang bersemangat dan bisa menyebabkan hilang konsentrasi. Saat Minasan diet dan merasa lapar, sebaiknya konsumsi makanan kecil bila memang belum waktunya untuk makan. Makanan kecil yang bisa Minasan konsumsi antara lain adalah kacang almond, popcorn, salad, atau buah-buahan segar yang kaya akan serat sehingga bisa memberikan rasa kenyang lebih lama sebelum waktunya makan. Selain itu, cemilan yang sehat juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh sehingga timbunan lemak bisa dihilangkan. Minasan juga bisa mengkonsumsi yogurt atau pudding sebagai cemilan sehat.
4.Rendah lemak bukan berarti rendah kalori
Kini banyak produk makanan dan minuman yang mengklaim rendah lemak dan diperuntukkan bagi konsumen yang sedang berdiet. Jangan terlalu tergoda dengan iming-iming rendah lemak karena rendah lemak bukan berarti jumlah kalorinya juga rendah. Sama seperti minuman soda zero sugar, makanan rendah lemak juga akan menggunakan bahan lain untuk menjaga rasa agar tetap lezat. Bahan yang digunakan pun kadang mengandung kalori lebih banyak sehingga diet dengan pola makan sehat Minasan justru bisa gagal.