source: http://www.dermstore.com/product_Cleansing+CP+Enzyme+Cleanser_52858.htm
Produk berbentuk serbuk putih ini sangat efektif dalam mengatasi komedo dan pori-pori besar terutama pada jenis wajah berminyak. Gunakan rutin seminggu sekali untuk kulit bersih bebas komedo!

Kandungan Enzim Dalam Enzyme Cleanser

Enzim yang biasa digunakan sebagai komposisi dalam enzyme cleanser adalah berasal dari buah pepaya (papain enzyme) dan buah nanas (pine enzyme). Enzim ini diolah sedemikian rupa sehingga dapat digunakan dengan aman sebagai pembersih wajah.
source: http://food.ndtv.com/ingredient/papaya-701142
Enzim alami yang diekstrak dari buah pepaya ini memiliki fungsi memecah protein yang membentuk komedo. Kebanyakan enzyme cleanser yang dijual di pasaran menggunakan enzim ini sebagai komposisi utama.
Pine enzyme adalah enzim alami yang diekstrak dari buah nanas. Sama seperti enzim papain dalam buah pepaya, pine enzyme juga bisa memecah protein dengan efektif sehingga biasa digunakan sebagai komposisi dalam facial wash untuk menghancurkan komedo serta sebum di wajah.
source: http://vitdaily.com/21-fakta-buah-buahan-yang-Minasan-perlu-tahu/
Kamu pasti pernah merasakan lidah gatal setelah makan buah nanas, bukan? Ini adalah efek dari enzim Bromelain dalam memecah protein di dalam mulut.
Dalam enzyme cleanser terdapat 3 fungsi utama yang dibutuhkan kulit, yaitu mengangkat sel kulit mati lama yang tertinggal di kulit, membasmi komedo di sekitar hidung, dan mempercepat proses pergantian sel-sel kulit. Oleh sebab itu, enzyme cleanser ini dapat menjadi bahan yang ampuh sebagai salah satu cara menghilangkan komedo.
source: http://www.skillots.com/design/search/engineers/10083?category_id=1&locale=en&tab_index=1
Sebagian besar penyebab masalah kulit seperti komedo dan sebum berlebih adalah penumpukan protein yang menyumbat pori-pori wajah. Enzim yang ada pada enzyme cleanser akan bekerja memecah protein ini menjadi partikel kecil sehingga mudah dibersihkan.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Sel-sel kulit mati yang terus menumpuk akan membentuk flek hitam di wajah. Mencuci wajah dengan enzyme cleanser bisa mengangkat sel-sel kulit mati lama yang mungkin tidak terangkat oleh pembersih wajah lain sehingga akan membantumu mengatasi masalah flek hitam dan kulit kusam.
source: https://www.lancers.jp/work/proposal/3812446
Enzyme cleanser ini bekerja dengan menangkap partikel protein di wajah dan membuangnya bersama busa dan enzim. Jadi, sel kulit mati yang tidak ikut terangkat oleh pembersih wajah lain akan mudah teratasi dengan enzyme cleanser ini :D

Membasmi Komedo di Sekitar Hidung

Enzyme cleanser bisa membantumu mengatasi masalah pori-pori besar dan komedo dengan mengangkat tuntas kotoran yang lama tersumbat di pori-pori.
source: https://pixta.jp/illustration/6473900
Komedo yang terbentuk dari sel kulit mati dan sebum yang lama mengendap di dalam pori-pori kulit ini tidak hanya bertahan 2-3 hari saja, namun bisa sampai 1 hingga 2 bulan lamanya! Saat tersadar, pori-pori kulitmu sudah tersumbat komedo hitam yang mengerikan. Sekitar 70% dari komedo ini merupakan protein, jadi enzyme cleanser adalah pilihan tepat untuk memecah protein dan membersihkan pori-pori kulitmu dari komedo.

Mempercepat Proses Pergantian Sel Kulit

Pada umumnya, kulit normal mengalami pergantian sel kulit setiap 28 hari sekali. Namun pada kulit yang sedang bermasalah, ini bisa terjadi lebih lambat daripada siklus normal.
source: http://peeling-navi.com/390/
Enzyme cleanser membantu mengangkat sel kulit mati yang tertinggal di permukaan kulit, sehingga dalam jangka panjang akan membantu memperbaiki regenerasi sel-sel kulitmu. Sama seperti saat mengangkat sel-sel kulit mati di wajah, tidak hanya memudarkan flek hitam, tapi juga akan membantu menjaga kulitmu tetap sehat dengan bergantinya sel-sel kulit secara rutin.
Bagi kamu pemilik kulit kering dan sensitif, ada kemungkinan pergantian sel kulit akan menjadi jauh lebih cepat jika kamu menggunakan produk ini. Jadi sebisa mungkin hindari penggunaan enzyme cleanser jika memang tidak diperlukan, ya.
source: http://www.15reasonswhy.com/unexpected-uses-of-olive-oil/9/
Tapi jika kamu ingin menggunakannya, untuk pemakaian awal gunakan sedikit saja dan pijat dengan sangat lembut. Segera hentikan pemakaian jika kamu merasa perih atau timbul bintik merah di wajahmu!