Penampilan tentu menjadi salah satu hal utama yang perlu Minasan perhatikan. Namun, saat berada di luar ruangan berkeringat tentu tidak bisa lagi dihindari. Kondisi tersebut bisa menjadi penyebab bau ketiak yang akan mengganggu kepercayaan diri Minasan. Tentu saat bertemu dengan orang lain Minasan juga bisa malu karena hal tersebut.
Tentu Minasan harus memperhatikan apa saja faktor yang dapat menjadi penyebab bau ketiak untuk bisa menghindarinya semaksimal mungkin. Jangan hanya terpaku bahwa yang dapat menjadi penyebabnya hanyalah masalah keringat. Padahal banyak faktor lain yang bisa menyebabkan bau tidak sedap pada badan Minasan.
Memahami Penyebab Bau Ketiak
Sebelum Minasan memutuskan untuk mengatasi adanya bau badan, maka penting untuk memperhatikan penyebabnya terlebih dahulu. Dengan begitu, Minasan akan lebih mudah meminimalisir kondisi tersebut menjadi semakin parah. Memahami dengan baik penyebab bau ketiak juga memudahkan Minasan untuk mengatasinya lebih tepat sasaran.
Berikut beberapa makanan yang biasa Minasan konsumsi dan bisa menjadi penyebab bau ketiak dan terkadang tidak Minasan sadari.
1. Konsumsi alkohol bisa menyebabkan bau badan karena sebagian dari minuman tersebut akan dikeluarkan melalui kelenjar keringat.
2. Bawang putih dapat menyebabkan bau pada bagian mulut dan juga badan Minasan karena baunya yang khas.
3. Daging yang tidak bisa dengan mudah dicerna dalam tubuh yang pada akhirnya juga mempengaruhi aroma yang keluar dari tubuh Minasan.
4. Terlalu banyak konsumsi makanan dengan kandungan metil dari sayur bayam dan olahan dari kacang kedelai.
Selain beberapa kebiasaan mengonsumsi makanan tersebut, hal utama yang bisa menjadi penyebab bau ketiak adalah tidakkah kebersihan tubuh. Mandi memang menjadi sarana bagi Minasan untuk bisa membersihkan tubuh dan menghilangkan kotoran yang mungkin menempel selama berada di luar rumah. Namun perlu diperhatikan pula bagaimana cara Minasan untuk membersihkannya. Hal tersebut dikarenakan jika kurang benar dalam melakukannya maka efeknya adalah bakteri akan tetap menempel dan menimbulkan bau badan.
Jangan menyepelekan beberapa komponen makanan yang dapat menjadi penyebab bau ketiak karena efeknya akan cukup besar dan bertahan lama. Bukan hanya itu, jika Minasan terlalu banyak dalam mengonsumsinya maka juga dapat berpengaruh pada masalah lain, yaitu bau mulut. Adanya kondisi tersebut tentu akan menjadi penghalang tersendiri bagi Minasan untuk melakukan komunikasi atau bersosialisasi dengan orang lain.
Tentunya kondisi tubuh seseorang berbeda dengan yang lainnya sehingga tidak bisa menyamaratakan penyebabnya satu faktor saja. Kebiasaan hidup kurang bersih berikut dengan gaya konsumsi sehari-hari juga bisa menyebabkan kondisi tersebut. Selain itu, adanya bakteri yang akhirnya bercampur dengan keringat juga memicu munculnya bau badan kurang sedap. Terutama pada bagian tubuh yang seringkali lembab seperti ketiak, maka bakteri akan semakin berkembang dengan baik.
Untuk itu, Minasan perlu memperhatikan berbagai faktor penyebab yang mungkin terjadi. Hal tersebut akan bermanfaat untuk mengatasi bau ketiak langsung pada titik penyebabnya. Hal tersebut akan lebih mudah untuk memberikan efek tanpa harus terlalu banyak melakukan perawatan secara khusus.
Berbagai kemungkinan mengenai faktor yang menjadi penyebab bau ketiak perlu Minasan pahami dengan baik sebelum memutuskan tindakan apa yang paling cocok untuk dilakukan. Jangan hanya terpaku pada satu solusi namun tetap harus berhati-hati dalam memilih agar tidak sampai menyebabkan adanya masalah iritasi atau bahkan sampai alergi. Kecermatan tersebut akan membuat Minasan merasa lebih nyaman.