Tumbuhnya bulu di badan sebenarnya merupakan hal yang wajar terjadi. Baik itu di wajah, kaki, ketiak, hidung dan sebagainya. Namun, dalam beberapa kasus bulu yang tumbuh dapat mengurangi rasa percaya diri karena menganggu penampilan. Khususnya bagi kaum hawa yang tergolong ingin tampil modis setiap saat.
Jika Minasan mengalami masalah serupa dan ingin menghilangkan bulu-bulu yang menggangu, ada banyak alternatif cara yang bisa diterapkan. Mulai dari cara tradisional yang menggunakan bahan-bahan alami hingga cara modern yang instan. Cara-cara tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Untuk cara modern ada sejumlah kebiasaan menghilangkan bulu yang populer diterapkan saat ini. Minasan dapat memilih salah satu dan sebaiknya sesuaikan dengan kemampuan. Ini karena beberapa cara tersebut ada yang memberikan rasa sakit tapi hasilnya sangat memuaskan. Berikut penjelasan detailnya.
1. Shaving (Mencukur Bulu)
Ini merupakan cara menghilangkan bulu di badan yang paling umum. Selain mudah diterapkan, mencukur bulu dengan alat pencukur terbilang praktis dan ekonomis. Kelemahan cara ini ialah bulu baru mudah tumbuh lagi dan biasanya lebih lebat. Untuk itu harus rajin shaving minimal 3 hari sekali agar kulit mulus bebas bulu. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan jika menggunakan cara ini. Di antaranya:
a. Gunakan pisau cukur yang tajam agar tak melukai kulit.
b. Basahi area yang akan dicukur (misal ketiak atau kaki) dengan air hangat. Gunanya untuk membuka pori-pori kulit.
c. Tutupi area berbulu dengan sabun cukur atau krim khusus. Kemudian cukur bulu dari arah bawah ke atas agar tak iritasi.
d. Agar tak muncul ruam, pegang area yang akan dicukur dengan kencang. Bila tetap ada ruam segera bubuhi bedak bayi.
e. Jangan bertukar alat cukur dengan orang lain untuk mengurangi resiko penyakit menular.
f. Gunakan silet sekali pakai dan buang segera alat cukur setelah digunakan.
2. Krim Khusus Menghilangkan Bulu
Produk perontokan bulu saat ini sudah beragam dan beredar luas di pasaran. Cara ini sangat cocok bagi seseorang yang tak ingin ribet dan kesakitan. Cara kerjanya hanya cukup mengoleskan krim di area berbulu dan didiamkan beberapa menit. Bulu pun akan rontok dengan sendirinya.
Cara menghilangkan bulu di badan dengan krim bisa bertahan sekitar 3 sampai 5 hari. Krim tersebut umumnya bekerja dengan memecah struktur protein yang ada di rambut. Jika Minasan menggunakan cara ini pastikan produk kosmetik yang digunakan aman dan memiliki sifat menenangkan. Jangan lupa membaca aturan pakai sebelum menggunakan. Ada peraturan-peraturan yang sebaiknya dibaca, seperti tidak mengoleskan krim pada kulit yang terluka, tidak menggunakan krim kaki untuk wajah atau ketiak dan sebagainya.
3. Waxing
Meski cukup menyakitkan cara ini menjadi sangat populer beberapa tahun belakangan. Cara kerjanya ialah dengan menempelkan strip khusus seperti plester ke kulit berbulu. Kemudian tarik strip ke arah yang berlawanan dengan cepat. Bulu tersebut akan hilang seketika karena menempel pada strip.
Jika melakukan waxing di salon kecantikan ada cairan khusus waxing yang ditempelkan ke kulit secara merata. Kemudian ditempeli kain khusus hingga merekat dan ditarik. Cara ini bisa bertahan cukup lama karena bulu tercabut hingga ke akarnya. Sangat disarankan memanfaatkan ahlinya untuk cara waxing. Ini untuk menghindari iritasi kulit yang kemungkinan besar akan terjadi jika dilakukan sendiri di rumah.
4. Threading
Cara ini dinilai lebih menyakitkan dari waxing namun ampuh membuat kulit mulus tanpa bulu lebih lama. Threading menggunakan benang khusus yang tipis dan mencukur bulu di badan secara merata, detail hingga ke akar-akarnya. Penerapannya harus ekstra hati-hati agar tak melukai kulit dan menyebabkan iritasi serta kulit kasar.
Cara menghilangkan bulu di badan juga dapat dilakukan dengan melibatkan peralatan canggih seperti elektrolisis dan laser hair removal. Semua metode tersebut bisa Minasan pilih salah satu untuk mengatasi bulu-bulu mengganggu. Jangan lupa sesuaikan dengan kemampuan dan budget yang dimiliki.