Wajah tampak tidak mulus padahal sudah memakai makeup yang tebal adalah salah satu efek buruk dari pori-pori kulit wajah yang besar. Banyak orang mengaplikasikan makeup tebal terutama foundation untuk menutupi kekurangan tersebut padahal hal ini justru bisa memperparah kulit wajah. Pori-pori pada kulit wajah sebaiknya jangan ditutup dengan makeup tebal selama berjam-jam karena fungsi dari pori-pori adalah sebagai saluran pembuangan bagi kelenjar keringat. Keringat merupakan sisa hasil metabolisme yang apabila tidak dikeluarkan oleh tubuh akan menjadi racun dan mengganggu sistem kerja tubuh kita. Berikut akan dibahas mengenai hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan Minasan memiliki pori besar, sehingga bisa mengetahui cara mengecilkan pori-pori kulit wajah yang tepat.
1. Memencet Komedo
Biarpun kecil, tapi komedo merupakan masalah kulit yang membuat gemas dan menjengkelkan. Saking jengkelnya, mungkin banyak di antara Minasan yang memencet komedo hanya dengan tangan atau alat lain tanpa dibersihkan terlebih dahulu. Memencet komedo tanpa penanganan yang baik dan tidak dibersihkan dengan antiseptik bisa membuat pori-pori kulit wajah semakin membesar karena bakteri dan kotoran yang masuk ke dalam lubang bekas komedo yang terluka.
2. Menggosok Wajah Dengan Handuk
Ketika kita terburu-buru bersiap untuk berangkat ke kantor, kampus, atau aktivitas lainnya, sering tidak sadar perlakuan apa yang kita berikan kepada wajah kita. Kebiasaan sederhana yang bisa membuat pori-pori tampak lebih besar adalah mengeringkan wajah dengan handuk dengan cara digosok atau diusap-usap, bahkan dengan gerakan dari atas ke bawah. Gerakan mengeringkan wajah seperti ini akan mendukung gaya gravitasi untuk menarik kulit wajah ke bawah sehingga pori-pori menjadi tertarik dan semakin melebar. Agar bisa mengecilkan pori-pori kulit wajah sebaiknya mengeringkan wajah dengan cara ditepuk-tepuk lembut saja.
3. Lupa Membersihkan Makeup
Terkadang saking lelahnya kita setelah beraktivitas seharian membuat kita lupa untuk membersihkan make-up dan langsung tidur. Padahal pada malam hari kulit bekerja untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi selama sehari dan tidak akan berfungsi dengan baik apabila masih tertutup dengan bahan kimia pada makeup. Makeup yang tidak dibersihkan dengan menggunakan sabun muka, susu pembersih, dan toner akan menyebabkan pori-pori membesar dan memicu terjadinya penuaan dini. Berikan nutrisi pada kulit pada malam hari dengan krim malam dan serum yang sesuai dengan jenis kulitmu.
4. Salah Pilih Terapis
Salah satu cara untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah adalah dengan melakukan facial ke klinik atau salon kecantikan. Facial berfungsi untuk menghilangkan sel-sel kuli mati yang menumpuk pada pori-pori wajah dan menyebabkan komedo, jerawat, dan masalah kulit lainnya. Namun apabila hal ini tidak dilakukan oleh orang yang benar-benar mengerti dan ahli, bisa menyebabkan trauma pada kulit dan pori-pori akan besar secara permanen. Trauma pori ini akan membuat jaringan parut semakin besar dan mempedalam lubang pori-pori.