Memiliki masalah bau badan memang dapat membuat Minasan menjadi kurang percaya diri. Banyak faktor yang dapat menjadi penyebab bau ketiak selain adanya kebiasaan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Kurang memperhatikan kebersihan memang menjadi hal yang bisa menyebabkan kondisi tersebut. Namun juga bisa dipengaruhi oleh faktor lainnya.
Pada dasarnya keringat tidak memiliki bau yang menyengat, tetapi kontaknya dengan bakteri membuatnya menjadi berbau. Kondisi tersebut tentu perlu diperhatikan dengan baik sebagai salah satu penyebab bau ketiak. Minasan tak boleh menganggap enteng saat membersihkan tubuh karena hal ini penting untuk meminimalisir berkembangnya bakteri terutama pada bagian ketiak.
Penyebab Bau Ketiak Bukan Hanya Bakteri
Selalu menjaga kebersihan tubuh tidak membuat Minasan kebal dengan bau badan. Hal tersebut dikarenakan adanya banyak faktor yang bisa menjadi penyebab bau ketiak, selain adanya keringat dengan bakteri yang menempel pada bagian tubuh. Sehingga penting untuk tetap memperhatikan beberapa faktor tersebut.
Berbagai faktor atau kebiasaan yang mungkin Minasan lakukan bisa tanpa sadar menyebabkan munculnya bau pada badan yang dapat mengganggu. Berikut beberapa hal penyebab bau ketiak selain karena bakteri dan kebiasaan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.
1. Melakukan diet yang tidak seimbang hingga menyebab tubuh kekurangan magnesium atau zinc. Hal tersebut juga bisa disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak.
2. Stress dapat mempengaruhi kinerja dari kelenjar pikirin yang menjadi pusat produksi keringat menjadi lebih banyak melakukan fungsinya.
3. Adanya perubahan hormon, biasanya masalah bau badan seperti ini banyak dialami oleh para remaja.
4. Penyakit khusus seperti diabetes atau masalah pada hati yang dapat mengganggu proses dalam tubuh dan akhirnya berakibat pada bau keringat.
5. Penggunaan deodorant yang salah. Deodorant memang dapat mengatasi masalah bau badan yang paling mudah. Tetapi Minasan perlu memperhatikan kandungannya yang dapat alergi atau bahkan iritasi, terutama kamu yang memiliki jenis kulit sensitif. Untuk itu penyebab bau ketiak perlu dipahami untuk mengatasi masalah tersebut langsung pada akarnya.
Tentu akan lebih mudah bagi Minasan untuk mengatasinya langsung pada penyebab terlebih dahulu, karena hal tersebut akan memberikan dampak secara langsung pada kondisi tubuh. Dengan langkah-langkah di atas, masalah bau badan bisa diatasi secara lebih maksimal. Sehingga tidak perlu lagi menggunakan bahan kimia untuk melakukan perawatan pada bau badan.
Ketiak juga menjadi fokus utama yang perlu diperhatikan kebersihannya. Hal tersebut dikarenakan bagian ketiak adalah penyebab bau ketiak yang akan sulit diatasi. Mengingat bagian ketiak sering lembab dan mudah berkeringat, sehingga Minasan perlu memperhatikan dengan baik cara untuk membersihkannya secara maksimal. Memang membutuhkan waktu untuk mendapatkan hasil yang maksimal, untuk itu harus dilakukan secara konsisten dan telaten.
Jika Minasan ragu untuk menggunakan produk modern, masih banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Sehingga Minasan akan merasa lebih nyaman dan tidak perlu lagi mengkhawatirkan mengenai efek samping dari penggunanya. Minasan juga bisa mendapatkan manfaatkan lain pada bagian tubuh lainnya.
Tidak ada salahnya melakukan perawatan secara berkala untuk meminimalisir adanya bakteri pada tubuh. Meskipun mandi bisa mengatasi penyebab bau ketiak, tentu diperlukan perawatan lain yang akan dapat membuat tubuh menjadi wangi.