Sebagai seorang wanita tentu Minasan akan sangat memperhatikan penampilan sehari-hari, salah satunya mengenai bau badan. Namun para wanita juga memiliki penyebab bau ketiak sendiri yang akhirnya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Hal ini tentu juga akan menurunkan tingkat kepercayaan diri saat bertemu dengan orang lain.
Pada wanita bau badan juga bisa muncul saat sedang hamil. Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor seperti pola makan dan apa yang dikonsumsi. Oleh karena itu, selain menjaga kebersihan untuk meminimalisir penyebab bau ketiak, Minasan juga perlu memperhatikan daya konsumsi serta kebiasaan tidak sehat yang biasa dilakukan dan bisa menyebabkan bau badan tidak sedap.
Penyebab Bau Ketiak Pada Wanita
Jika terjadi masalah bau badan, Minasan tidak perlu lagi khawatir karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Namun sebelum itu tentu anda harus memahami terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab bau ketiak pada tubuh. Jangan sampai salah dalam memilih metode perawatan dan akhirnya masalah tersebut tidak teratasi dengan baik. Hal tersebut perlu dihindari sebaik mungkin untuk meminimalisir resiko yang ada.
Berikut ini adalah penyebab bau ketiak pada wanita yang biasa terjadi.
1. Memiliki bulu yang lebih banyak dapat menyebabkan bau badan, karena kelenjar apocrine yang berfungsi memberi minyak pada rambut tidak bisa menguap dan menempel pas bulu ketiak. Sehingga akan lebih mudah bagi bakteri untuk berkembang di sana.
2. Konsumsi bawang putih dapat menghasilkan gas sulfur yang akhirnya diserap oleh tubuh dan dibuang kembali melalui pori-pori kulit.
3. Konsumsi makanan yang memiliki bau tajam dapat memberikan bau tidak sedap karena kandungannya tidak hanya dibuang melalui urine tetapi juga keringat.
4. Kurang menjaga kebersihan tubuh serta pakaian yang digunakan sehari-hari menyebabkan bakteri mudah tumbuh dan berkembang.
5. Akibat penyakit tertentu seperti diabetes dan penyakit hati karena tubuh tidak bisa mengeluarkan racun dan akhirnya menimbulkan bau tidak sedap.
Untuk itu wanita harus lebih memperhatikan kebersihan tubuhnya serta apa yang dikonsumsi setiap harinya. Tidak perlu terlalu takut walaupun beberapa jenis makanan memang menjadi penyebab bau ketiak, tetapi jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat tentu tidak akan menimbulkan masalah. Untuk itu jangan hanya terpaku pada satu solusi tiap orang memiliki faktor penyebab bau ketiak yang berbeda-beda.
Melakukan perawatan tubuh untuk membunuh bakteri serta menghilangkan kotoran juga bisa menjadi solusi tepat bagi Minasan. Namun membuat perawatan sendiri menggunakan bahan alami juga bisa dipilih menjadi salah satu solusi jitu untk mengatasi penyebab bau ketiak secara efektif.
Berbagai masalah bau badan kerap terjadi pada wanita, termasuk bau pada vagina yang dapat mempengaruhi bau badan juga. Sehingga sangat penting bagi untuk selalu menjaga kebersihan tubuh secara maksimal dan rutin. Jangan malas untuk selalu mengganti pakaian dan membersihkan tubuh menggunakan sabun khusus yang mengandung antiseptik. Dengan begitu Minasan tidak perlu lagi khawatir dengan masalah bau badan.
Membiasakan diri untuk selalu menggunakan deodorant adalah kebiasaan yang baik dilakukan setiap harinya untuk mengatasi penyebab bau ketiak. Tetapi perlu diperhatikan bahwa Minasan tidak boleh menggunakannya saat luka kondisi kulit ketiak sedang mengalami luka. Hal tersebut sangat berbahaya untuk kesehatan kulit ketiak.