Jika pada kulit wajah Minasan mulai muncul bintik-bintik atau noda coklat gelap atau hitam, maka sudah sewajarnya jika Minasan merasa khawatir. Bintik-bintik atau noda tersebut disebut dengan flek yang merupakan tanda awal dari penuaan. Flek hitam pada wajah menandakan bahwa kulit sudah mulai kehilangan kemampuan untuk tetap cantik dan flawless. Bukan hanya pada orang tua saja, flek ini bisa muncul pada wanita yang berusia 30-an tahun karena faktor-faktor yang menyebabkan penuaan datang lebih awal atau disebut dengan penuaan dini. Minasan tentunya tidak mau terlihat menjadi lebih tua padahal jiwa masih seperti remaja. Untuk menghilangkan flek hitam pada wajah, bisa dengan cara-cara mudah dan sederhana berikut ini.
1.Buah Semangka
Buah semangka disebut juga dengan buah musim panas karena sangat segar ketika dikonsumsi pada saat cuaca sedang panas dan matahari yang terik. Ternyata buah semangka tidak hanya bisa mendinginkan suhu tubuh tetapi juga bisa untuk mengatasi flek hitam pada wajah karena penuaan dini. Semangka mengandung vitamin A dan vitamin C yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dan teksturnya cocok digunakan untuk scrub alami bahkan bagi Minasan yang memiliki kulit berjerawat. Hancurkan buah semangka secukupnya kemudian dicampur dengan sedikit garam yang juga berguna untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah. Gunakan sebagai masker wajah biasa.
2. Minyak Zaitun
Minyak yang berasal dari buah paling tua di dunia ini dikenal sebagai rahasia Ratu Cleopatra dalam menjaga kecantikannya. Minyak zaitun memang memiliki kandungan yang luar biasa untuk menjaga kecantikan kulit antara lain adalah vitamin A, B1, B2, C, D, E, K, dan zat besi sehingga sangat cocok dimanfaatkan untuk menghilangkan flek hitam pada kulit. Minyak zaitun bisa digunakan sebagai scrub yang dicampur dengan gula pasir. Gula pasir memiliki tekstur yang kasar dan pas digunakan sebagai scrub alami sehingga lapisan kulit mati bisa terangkat dan sel-sel kulit bisa bekerja dengan baik agar flek tidak kembali lagi.
3. Kentang
Tidak hanya lezat dimasak, kentang juga memiliki manfaat untuk bisa melembutkan kulit, mengurangi kelebihan minyak di wajah, menumpas jerawat, dan menghilangkan flek hitam pada wajah. Kentang memiliki kandungan potassium lebih banyak dibandingkan pisang dan juga kandungan vitamin C-nya terlindungi sehingga tidak hilang ketika dicuci atau diolah. Cara membuat masker kentang cukup dengan memarut dua sampai tiga buah kentang yang sudah dikupas dan dicuci bersih. Kemudian bisa ditambahkan dengan air jeruk nipis atau madu untuk mendapatkan kulit yang lebih cantik.
4. Yoghurt
Yoghurt merupakan makanan dari susu yang difermentasikan dan memiliki tekstur yang lembut. Selain bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, yoghurt juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Teksturnya yang lembut juga bisa menjadikan kulit lebih lembut dan mulus. Kandungan antioksidan yang terdapat pada yoghurt mampu mengangkat sel kulit mati dari dalam pori-pori dan memberikan perlindungan bagi kulit dari sinar matahari sehingga tidak terjadi pigmentasi yang menyebabkan flek-flek pada wajah. Minasan dapat membuat masker yoghurt dengan menggunakan yoghurt plain yang langsung diterapkan pada wajah berbintik.