Mendapatkan kulit wajah yang lebih cantik adalah idaman bagi setiap wanita. Salah satu senyawa alami dalam tubuh yang diproduksi untuk menjaga kulit tetap cantik adalah kolagen yang berfungsi untuk mengenyalkan dan membuat kulit menjadi elastis. Namun produksi kolagen dalam tubuh akan semakin menurun seiring dengan bertambahnya usia sehingga wanita dewasa membutuhkan sumber kolagen dari luar tubuh. Kolagen bisa didapatkan dari makanan bernutrisi sayuran atau buah-buahan. Tetapi kini ada juga suntik serum kolagen yang bisa didapatkan di klinik kecantikan untuk menjaga kulit tetap cantik dan awet muda. Tidak hanya suntik kolagen saja, tetapi juga ada suntik vitamin C yang bisa untuk mencerahkan kulit dan menghilangkan flek hitam pada wajah. Seperti halnya prosedur medis lainnya, suntik serum, termasuk serum wajah untuk kulit berjerawat memiliki efek samping. Apa saja efek samping tersebut?
1.Merusak Fungsi Ginjal
Vitamin C yang masuk ke dalam tubuh akan diproses oleh ginjal agar bisa diserap oleh tubuh lebih baik. Tapi apabila kadar vitamin C terlalu banyak maka ginjal akan bekerja terlalu keras yang dapat menyebabkan gangguan pada fungsi ginjal. Gangguan pada fungsi ginjal akan berpengaruh terhadap produksi urin yang merupakan saluran pembuangan racun di dalam tubuh dan bisa berakibat pada penyakit batu ginjal. Oleh karne itu, Minasan perlu berhati-hati dalam penggunaan serum wajah untuk kulit berjerawat dengan kandungan vitamin C.
2.Menjadi Radikal Bebas
Penggunaan serum wajah untuk kulit berjerawat berlebih, baik serum vitamin C atau kolagen, akan menyisakan zat yang tidak berguna untuk tubuh. Sisa kandungan serum yang tidak terserap oleh tubuh bisa menjadi sumber radikal bebas dari dalam tubuh yang akan merusak sel-sel yang sehat dan mengubahnya menjadi sel berpenyakit. Radikal bebas merupakan kumpulan sel-sel yang tidak normal dan pertumbuhannya lebih cepat dibandingkan dengan sel yang sehat. Terkumpulnya sel yang tidak normal ini dalam jangka waktu lama berpotensi berubah menjadi kanker dan merusak sistem kekebalan tubuh.
3.Berpotensi Menyebabkan Kanker
Beberapa penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa penggunaan serum wajah untuk kulit berjerawat memiliki potensi untuk menjadi kanker. Hal ini ditunjukkan dengan tikus-tikus yang diberi makan dengan kandungan yang sama pada serum memiliki tingkat kejadian kanker yang tinggi. Serum yang dimasukkan ke dalam manusia memiliki kemampuan untuk menyebabkan mutasi pada sel DNA dan berkembang biak dengan tidak terkontrol sehingga membentuk tumor atau kanker. Apalagi jika ditambah dengan gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, kurang tidur, sering stres, dan obesitas.
4.Kurang Cocok untuk Kulit Sensitif
Bagi Minasan yang memiliki jenis kulit sensitif namun ingin merasakan efek dari serum yang bisa mencerahkan dan mengencangkan kulit dengan cepat, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Serum mengandung bahan-bahan yang lebih kuat dibandingkan krim wajah biasa sehingga bisa menimbulkan reaksi pada kulit sensitif seperti alergi dan iritasi. Bagi Minasan yang memiliki kulit berjerawat pun, jika ingin menggunakan serum wajah untuk kulit berjerawat sebaiknya disembuhkan dulu jerawatnya baru menggunakan serum yang tepat.