Untuk mendapatkan kulit cerah alami umumnya seseorang akan mencari produk perawatan yang beredar di pasaran. Jika tak ingin menanggung efek samping sebagian akan mencoba perawatan kulit dengan bahan alami dan ekonomis yang ada di sekitar.
Kedua cara tersebut memang paling populer dan terbukti ampuh membuat kulit tampak cerah secara alami. Tapi tahukah Minasan, tanpa diimbangi dengan kebiasaan baik, tips kulit cerah alami yang diterapkan tak akan bekerja maksimal.
Ya, sejumlah kebiasaan baik turut berperan penting saat Minasan menjalani tips kulit cerah alami dan berseri. Bahkan hanya dengan menerapkan kebiasaan baik, Minasan juga bisa memiliki kulit idaman. Kebiasaan apa sajakah yang ampuh membuat kulit cerah alami? Simak info menarik di bawah ini.
1. Minum Air Putih 8 Gelas Per Hari
Anjuran minum air putih umumnya difungsikan untuk mencukupi kebutuhan cairan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun di sisi lain minum air putih juga berdampak positif pada kecantikan. Kulit akan terjaga kelembapannya dan tampak segar.
Minasan dapat melihat perbedaan dengan jelas kulit orang yang rajin minum air putih dan tidak. Mereka yang jarang mengonsumsi air putih kulitnya cenderung kering dan berminyak. Jadi, terapkan kebiasaan baik ini untuk memiliki kulit cerah alami.
2. Rajin Olahraga
Memiliki jadwal olahraga yang rutin dapat menyehatkan tubuh secara keseluruhan, termasuk kesehatan kulit. Cukup lakukan olahraga ringan seperti jogging atau senam yang dapat membuat Minasan berkeringat. Selain mengeluarkan racun dalam tubuh, olahraga juga manjur mengencangkan kulit dan meremajakannya. Kulit pun jadi cerah berseri sepanjang hari.
3. Jaga Kebersihan Kulit
Faktor utama penyebab kulit kusam ialah kotoran dan bakteri yang menempel di kulit. Jika terus dibiarkan akan memicu sejumlah masalah seperti jerawat, komedo dan sebagainya. Untuk itu rajinlah membersihkan kulit dengan mencuci wajah minimal 3 kali sehari dan mandi 2 kali sehari. Penggunaan air hangat juga bisa diterapkan jika ingin kulit bersih maksimal dan akhiri dengan air dingin untuk menutup pori-pori kulit.
4. Cukup Istirahat
Waktu tidur malam yang cukup sangat bermanfaat menjaga kesehatan kulit agar tetap cantik. Alasannya, ketika tidur sel-sel yang ada di dalam tubuh melakukan regenerasi dan memperbaiki jaringan yang rusak. Hasilnya kulit tampak lebih kencang, sehat dan berseri. Jika Minasan kekurangan waktu tidur akan menghambat proses tersebut dan membuat kulit jadi kusam, kering dan kasar. Hal ini tentunya menjadi salah satu tips kulit cerah alami yang mudah untuk dijalani, bukan?
5. Manajemen Stres
Faktor psikologi ini mendatangkan banyak masalah pada kesehatan, termasuk kulit. Seseorang yang mengalami stres memicu tumbuhnya jerawat, kusam, berminyak, kulit sensitif dan kering. Bahkan bisa memicu penuaan dini dengan munculnya kerutan di beberapa bagian seperti bawah mata.
Untuk mengatasinya terapkan 'me time' dan relaksasi. Misalnya dengan meditasi, istirahat cukup, mandi air hangat dan sebagainya. Jika stres dapat diatasi maka kulit pun akan lebih bersinar dan sehat bercahaya.
6. Seimbangkan Pola Makan
Pola makan sehat yang diterapkan sehari-hari dapat jadi tips kulit cerah alami. Cukupi nutrisi tubuh dengan makanan sehat serta banyak konsumsi buah dan sayuran segar. Jika Minasan memiliki masalah jerawat, brokoli bisa membantu mengatasinya. Untuk kulit secara keseluruhan ikan laut juga sangat disarankan.
Selain itu masih banyak makanan sehat lain yang berkhasiat mencerahkan kulit. Sebisa mungkin kurangi konsumsi makanan cepat saji, alkohol, kafein dan rokok. Semua makanan tersebut sudah banyak dibuktikan menimbulkan masalah untuk kesehatan. Misalnya seperti asap rokok yang berefek buruk pada kesehatan kulit.
Terakhir, lengkapi tips kulit cerah alami di atas dengan kebiasaan tersenyum. Kulit orang yang sering tersenyum terlihat lebih sehat dan cerah. Orang di sekitar pun jadi ikut merasa bahagia ketimbang melihat wajah cemberut.