Wanita yang telah berusia di atas 30 tahun mulai was-was dengan kondisi kulitnya yang sudah tidak seperti waktu remaja lagi. Hal ini dikarenakan produksi kolagen alami yang bertanggung jawab untuk menjaga keremajaan kulit mulai berkurang seiring bertambahnya usia. Salah satu efek penuaan yang mulai terjadi adalah munculnya flek-flek hitam pada wajah. Flek hitam ini dapat membuat kulit tampak lebih tua 10 tahun lebih tua dari usia Minasan sebenarnya. Meskipun tidak berbahaya dari segi kesehatan, tetapi dengan munculnya flek hitam tanda bahwa regenerasi sel Minasan bermasalah. Regenerasi sel yang tidak baik bisa disebabkan karena tubuh kekurangan nutrisi sebagai makanan sel sehingga kulit kurang terlindungi dari radikal bebas dan menyebabkan munculnya flek-flek hitam. Berikut adalah beberapa faktor penyebab munculnya flek hitam agar Minasan bisa melakukan tindakan pencegahan sedini mungkin.
1. Sinar ultraviolet
Sinar radiasi dari matahari dibagi menjadi dua gelombang yaitu UV A dan UV B. Keduanya mampu menembus lapisan kulit sehingga membentuk pigmentasi yang menyebabkan munculnya flek-flek hitam di kulit wajah. Gelombang sinar matahari ini sangat kuat bahkan bisa menembus kaca. Sehingga meskipun Minasan banyak beraktivitas di luar mengendarai mobil atau menggunakan payung, tetap gunakan sunblock dengan SPF yang cukup untuk melindungi kulit dari sinar matahari terik.
2. Kosmetika
Penyebab flek hitam pada kulit wajah bukan hanya karena menggunakan makeup yang tidak sesuai dengan jenis kulit. Ternyata sepertiga dari bahan parfum dan cologne yang beredar di seluruh dunia mengandung bahan yang dapat bereaksi terhadap sinar matahari yang disebut dengan fotosensitivitas. Bahan ini apabila terkena sinar matahari terus menerus bisa menimbulkan flek-flek pada bagian kulit yang terkena. Tidak hanya parfum, banyak pula bahan kosmetik wajah yang mengandung bahan fotosensitivitas sehingga mempercepat proses pigmentasi.
3. Hormon
Tidak hanya disebabkan karena faktor eksternal, munculnya flek hitam pada kulit wajah juga bisa dari dalam tubuh yaitu karena faktor hormon. Hormon yang bisa menyebabkan munculnya flek hitam adalah estrogen, progesterone, dan melanine stimulatin hormone atau MSN. Munculnya flek-flek hitam yang disebabkan oleh faktor hormon umumnya terjadi pada wanita yang sedang mengandung atau wanita yang mengonsumsi pil kontrasepsi.
4. Polusi
Flek hitam bisa terbentuk karena produksi melanin yang berlebihan, sementara melanin juga memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Hidup di kota besar tidak bisa lepas dari polusi udara yang berasal dari asap kendaraan, asap rokok, pembakaran sampah, limbah pembuangan pabrik, dan masih banyak lagi yang mencemari udara bebas. Oleh karena itu, mekanisme pertahanan tubuh yang terdiri dari sel-sel bekerja keras untuk memproduksi zat antioksidan alami sehingga lebih banyak melanin yang terlepas dan menyebabkan flek pada kulit Minasan. Untuk mengurangi beban sel, Minasan bisa mengonsumsi banyak sayuran dan buah yang mengandung antioksidan sebagai sumber eksternal.
5. Genetik
Jika Minasan memiliki anggota keluarga dengan flek hitam di wajah maka hal ini bisa meningkatkan kemungkinan Minasan untuk mengalami hal yang sama mulai dari 20 hingga 70%. Hal ini disebabkan karena flek yang muncul karena proses pigmentasi yang cepat bisa tercetak pada DNA yang diturunkan pada keturunannya.