Kecanggihan teknologi tidak hanya terpusat pada bidang gadget dan alat elektronik lainnya namun juga di bidang kecantikan dan kosmetik. Orang pada zaman dulu menjaga kecantikan dengan bahan-bahan alami begitu saja, namun kini untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan lebih cepat, teknologi di bidang kosmetik menghadirkan serum yang digunakan pada kulit wajah. Serum merupakan cairan yang terdiri dari vitamin, asam amino, dan emulasi air serta bahan-bahan lainnya yang memudahkan serum masuk ke dalam lapisan kulit dan membuat kulit lebih cantik.
Dikarenakan terbuat dari bahan-bahan dan teknologi khusus, molekul serum yang sangat kecil bisa lebih mudah terserap oleh kulit dan bekerja berkali-kali lipat dibandingkan krim wajah biasanya, maka dari itu harganya pun bisa lebih mahal. Beberapa manfaat serum wajah untuk kulit adalah:
1. Membuat kulit lebih kencang dan elastis
2. Menyamarkan kerutan pada wajah dan meningkatkan kelembaban
3.Menghaluskan dan meratakan warna kulit
4. Mencerahkan kulit dan mencegah penuaan dini
5. Melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari
6. Menghilangkan dan mencegah flek hitam
Penggunaan serum meski bisa memperbaiki struktur kulit tidak disarankan untuk kulit yang sedang berjerawat. Sebelum menggunakan serum wajah untuk kulit berjerawat sebaiknya disembuhkan dulu dengan rutin membersihkan wajah dan menggunakan masker alami yang bisa mengontrol kadar minyak dan menghilangkan jerawat. Menggunakan serum wajah untuk kulit berjerawat yang belum sembuh bisa memperparah jerawat dan menimbulkan luka. Serum bisa dipakai pada pagi hari sebelum beraktivitas di luar dan pada malam hari yang bekerja sekaligus sebagai krim malam. Sebelum memakai serum, bersihkan terlebih dahulu wajah dengan menggunakan sabun facial dan pembersih. Berikut adalah beberapa jenis serum yang beredar untuk kecantikan.
1. Serum vitamin C
Serum ini paling banyak ditemukan dan paling dicari di antara serum lainnya. Serum vitamin C bisa dijadikan serum wajah untuk kulit berjerawat yang sudah sembuh dan menyisakan flek hitam dan wajah kusam. Vitamin C bekerja sama dengan kolagen alami yang ada di dalam tubuh untuk mencegah dan memperlambat proses penuaan dini pada kulit. Serum vitamin C juga berguna sebagai antiradang sehingga baik untuk Minasan yang melakukan banyak aktivitas di luar ruangan sebagai pelindung dari sinar matahari.
2. Serum vitamin E
Menggunakan serum ini bisa mencegah terbentuknya lapisan lemak pada kulit yang menyebabkan kulit menjadi kusam, berminyak, dan mempercepat proses penuaan dini. Vitamin E adalah zat antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas yang berasal baik dari dalam tubuh maupun di udara bebas seperti polusi udara, sinar matahari, dan debu kotoran. Serum vitamin E juga berguna untuk menjaga kelembaban kulit sehingga kerut-kerut halus bisa ditangkis. Jenis ini juga bisa diaplikasikan sebagai serum wajah untuk kulit berjerawat yang sudah sembuh.
3. Serum kolagen
Kolagen merupakan komponen protein yang menjadi bagian penting dari pembentukan struktur kulit. Kolagen adalah zat yang bertanggung jawab membuat kulit menjadi kenyal dan kencang. Semakin bertambahnya usia wanita, tubuh semakin sedikit memproduksi kolagen yang disebabkan karena pengaruh hormon. Oleh karena itu, untuk mendapatkan kulit yang tetap kenyal dan kencang Minasan memerlukan serum kolagen sebagai pengganti kolagen alami. Selain itu, serum kolagen juga dapat dimanfaatkan sebagai serum wajah untuk kulit berjerawat yang meninggalkan bekas noda hitam.