Tips kulit cerah alami bisa didapatkan dari produk kecantikan atau bahan-bahan tradisional yang berada di sekitar kita. Memiliki kulit cerah dan putih merupakan dambaan setiap kaum hawa. Minasan bisa mendapatkannya dengan cepat tapi mahal lewat produk kecantikan khusus atau dengan perlahan namun ekonomis menggunakan buah, sayuran atau bahan dapur lain yang mudah didapatkan.
Jika Minasan memilih cara ekonomis berikut sejumlah buah-buahan segar yang bisa dijadikan ramuan khusus untuk mencerahkan kulit yang tampak alami. Penerapannya bisa sebagai masker atau lulur untuk memutihkan tubuh secara keseluruhan.
1. Jeruk atau Lemon
Vitamin C dan antioksidan yang terkandung di dalam buah jeruk dan lemon dapat mencerahkan kulit dan merangsang peredaran darah. Untuk tips kulit cerah alami gunakan satu buah jeruk atau lemon dan ambil perasannya. Perasan tersebut bisa dicampurkan dengan bahan lain seperti putih telur hingga menjadi pasta yang bisa dibuat luluran.
Campuran air perasan jeruk dan putih telur juga bisa digunakan untuk mencerahkan serta memutihkan wajah. Selain dibuat luluran, kedua buah segar tersebut juga bisa dijadikan jus yang diminum secara rutin untuk menyehatkan kulit tubuh.
2. Bengkoang
Buah satu ini sudah lama sekali dipercaya sebagai pemutih da pencerah kulit secara alami. Sejumlah produk kecantikan biasanya memakai bengkoang untuk mengembalikan warna kulit dan meremajakan. Minasan bisa mengonsumsinya langsung atau dijadikan menu rujak agar makin nikmat. Bengkoang yang ditumbuk dapat digunakan untuk masker atau lulur. Cara satu ini juga bisa jadi tips kulit cerah alami yang manjur.
3. Pepaya
Pepaya yang berwarna oranye kemerahan dan hijau memang jarang disukai tapi kandungan enzim pappain di dalamnya sangat baik untuk mencerahkan kulit. Minasan bisa memakan potongannya dengan perasan jeruk nipis untuk hasil kulit cerah bercahaya.
Untuk masker kamu bisa mencoba menumbuk halus pepaya hijau (belum matang) dan pepaya oranye yang sudah masak. Masing-masing ambil satu sendok makan dan campurkan. Kemudian jadikan masker di wajah dan diamkan selama 15 menit agar menyerap, setelah itu dibilas dengan air bersih.
4. Alpukat
Tips kulit cerah alami berikutnya bisa menggunakan buah alpukat yang rasanya nikmat. Isinya bisa dijadikan jus untuk minuman dan kulitnya dapat dimanfaatkan untuk menggosok kulit di tubuh dan wajah. Alpukat berkhasiat mencerahkan dan memutihkan kulit. Vitamin dan mineral yang ada didalamnya sangat baik untuk kesehatan kulit tubuh.
Manfaatka kulit alpukat dengan cara digosokkan ke seluruh tubuh dan diamkan kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilas dan mandi dengan air bersih. Selain itu, minyak alpukat juga bisa digunakan sebagai cleanser alami untuk wajah cerah berseri.
5. Tomat
Buah mungil berwarna merah satu ini ekstraknya sering dijadikan sebagai salah satu bahan kosmetik untuk efek pencerahan kulit. Kandungan vitamin C didalamnya dipercaya berkhasiat memutihkan dan memberikan kecerahan alami. Minasan bisa mengolahnya menjadi jus buah atau menggunakannya untuk masker dan luluran sebagai tips kulit cerah alami.
Caranya, parut satu buah tomat besar hingga halus. Kemudian tambahkan air lemon sekitar 2 sampai 3 tetes saja. Berikan juga beberapa tetes air mawar. Aduk campuran tersebut sampai rata lalu oleskan pada wajah sampai leher memakai kuas. Diamkan hingga mengering sekitar 15 menit, kemudian dibilas dengan air bersih.
Selain kelima buah-buahan segar diatas Minasan juga bisa menggunaka bahan alami lainnya seperti susu, mentimun, madu, kentang, almond, yoghurt dan paprika. Penerapannya tentu disesuaikan dengan jenis kulit dengan cara mengolah ramuan yang tepat. Bahan-bahan tradisional tersebut tentu minim efek samping dan menjadikan kulit tampak cerah alami.