Setiap orang mempunyai metabolisme tubuh yang berbeda-beda. Mungkin Minasan pernah melihat teman sendiri yang dapat menikmati berbagai makanan sesuka hati tetapi tetap mempunyai tubuh yang ramping dan proporsional. Padahal Minasan hanya menyantap sedikit makanan, tetapi ternyata saat menimbang badan sudah langsung bertambah beberapa kilo. Kuncinya terletak pada apa yang Minasan makan, karena ada jenis makanan yang dapat menurunkan berat badan maupun menaikkan berat badan dengan cepat.
Makanan yang Direkomendasikan untuk Mendapatkan Berat Badan Ideal
Untuk memperoleh berat badan ideal yang pada sebagian besar orang bukan merupakan hal yang mudah hal utama yang harus diperhatikan tentu adalah memperhatikan pola makan kita agar tetap sehat dan seimbang. Jenis makanan yang direkomendasikan adalah yang mengandung lemak sehat, protein, serat, serta kadar air yang cukup. Berikut ini adalah beberapa makanan sehat yang disarankan karena dapat membuat Minasan merasa kenyang lebih lama:
1. Apel
Apel adalah jenis makanan yang sangat sehat dan banyak mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh seperti vitamin C, quecertin, dan flavonoid. Senyawa yang disebutkan terakhir itu diketahui dapat meminimalkan terjadinya kanker. Bagian yang terbanyak mempunyai kandungan flavonoid adalah pada kulit apel.
2. Almond
Kacang almond yang paling baik dikonsumsi untuk mempertahankan berat badan ideal adalah yang tak dibumbui banyak garam atau dimasak menjadi hidangan manis. Almond diketahui mempunyai kandungan protein, serat, zat besi, vitamin E, dan magnesium.
3. Blueberry
Untuk mendapatkan buah yang satu ini memang cukup sulit di Indonesia. Blueberry mempunyai berbagai kandungan nutrisi penting bagi tubuh kita seperti serat, vitamin C, juga antioksidan. Sebagaimana yang kita ketahui, antioksidan berguna untuk menangkal efek radikal bebas akibat polusi lingkungan atau konsumsi makanan yang mempunyai kandungan bahan kimia berbahaya.
4. Bayam
Selain rasanya menyegarkan bila dikonsumsi secara langsung atau pun diolah menjadi sayur bayam, sayuran yang satu ini mempunyai kandungan gizi yang baik untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh seperti zat besi, vitamin A dan C, serta magnesium. Tak hanya baik untuk menjaga berat badan ideal, bayam juga mempunyai khasiat penyembuhan seperti, meminimalkan resiko kanker dan kolesterol, menyembuhkan disentri, anemia, dan ketidakteraturan siklus menstruasi. Bayam juga baik dikonsumsi oleh ibu-ibu pasca melahirkan karena dapat membantu membersihkan darah. Jika ingin rambut Minasan tumbuh indah dan tak mudah rontok, mulai sekarang rajinlah mengkonsumsi sayuran ini.
5. Kacang Merah
Tambahkan kacang merah pada menu harianmu, misalnya pada hidangan sup atau salad. Maka Minasan akan mendapatkan manfaat dari kacang merah itu dengan kandungan protein, serat, fosfor, zat besi, magnesium, dan berbagai vitamin juga mineral.
Selain berbagai jenis makanan yang telah diulas di atas, berbagai makanan lain yang juga direkomendasikan untuk menjaga berat badan ideal adalah brokoli, ubi, gandum, dan ikan salmon, kedelai. Konsumsilah makanan ini secara teratur jika ingin mendapatkan maupun menjaga berat badan ideal.