Mempunyai berat badan ideal dan bentuk tubuh yang ramping menjadi dambaan semua orang karena tak hanya akan membuat penampilan terlihat sempurna, namun resiko untuk terserang penyakit juga akan lebih minim dengan berat tubuh yang proporsional. Sayangnya masih banyak orang yang kurang memahami manfaat memiliki berat badan ideal dan beranggapan memiliki tubuh gemuk tidak apa-apa asalkan sehat. Namun Minasan perlu tahu bahwa berat badan yang berlebih dapat memicu timbulnya penyakit serius dalam jangka panjang. Selain itu juga dapat berdampak pada keadaan psikologis. Oleh karena itu, pahami lebih dulu manfaat memiliki berat badan ideal sebelum memutuskan untuk diet.
Keuntungan Memiliki Berat Badan Ideal
1. Terhindar dari Penyakit Kanker
Seorang wanita yang dapat menjaga berat badan ideal tak hanya terlihat menarik dari segi penampilan, tetapi juga mempunyai resiko yang lebih kecil untuk terserang penyakit kanker, terutama kanker payudara. Jika tubuh semakin banyak menimbun lemak, produksi hormon estrogen akan semakin meningkat dan hal itu memperbesar potensi terbentuknya sel abnormal pemicu kanker.
2. Terhindar dari Serangan Jantung
Seseorang yang mengalami obesitas lebih rawan terkena serangan jantung dibandingkan mereka yang memiliki berat badan ideal. Selain serangan jantung, resiko lain yang terkait dengan obesitas adalah kolesterol tinggi dan kencing manis.
3. Terhindar dari Penyakit Gusi
Mereka yang memiliki berat badan ideal menurut riset ilmiah ternyata memiliki kesehatan gigi yang lebih baik dibandingkan mereka yang kelebihan berat badan. Penyakit gusi rawan menyerang mereka yang obesitas karena sel lemak akan membuat gusi cepat mengalami kemerahan, pendarahan, dan pembengkakan.
4. Lebih Mudah Berkonsentrasi
Ternyata ada hubungan yang erat antara kelebihan berat badan dengan ketajaman pikiran. Menurut penelitian yang telah dilakukan, orang yang mempunyai berat badan ideal lebih baik dalam mengambil keputusan dibandingkan mereka yang mengalami obesitas. Fokus, ketajaman pikiran, dan perencanaan yang baik ternyata lebih banyak dimiliki orang yang berat tubuhnya ideal.
5. Bebas dari Tekanan
Sekitar 25% wanita akan mengalami depresi seiring dengan semakin banyaknya kenaikan bobot tubuh mereka, apalagi yang terjadi secara drastis. Mereka akan cenderung berpikir berlebihan untuk masalah kecil dan mudah mengalami stress. Sementara mereka yang mempunyai berat badan ideal akan lebih santai, lebih mudah menyesuaikan diri dalam kondisi tertekan, dan daya tahan mentalnya juga lebih baik.
Dari uraian di atas dapat kita simpulkan bahwa dengan menjaga berat badan ideal, kesehatan fisik dan psikologi kita akan lebih terjaga. Hasilnya hidup kita pun akan lebih produktif dan berkualitas. Semoga bermanfaat!