Bagian tubuh yang sering dirasa tidak sempurna bagi wanita adalah perut, betis, lengan, dan paha. Bagian ini kerap ditutupi dengan trik berbusana yang dapat menutupi kekurangan tubuh mereka. Kesulitan untuk memperoleh berat badan ideal sering disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat seperti seringnya konsumsi makanan berlemak tinggi, mengandung gula tinggi, dan makanan cepat saji atau yang berkalori tinggi. Apalagi bila dalam keseharian Minasan kurang berolahraga dan sering melewatkan waktu dengan duduk di depan meja kerja saat di kantor.
Sebenarnya yang dimaksud dengan berat badan ideal pada tiap orang berlainan angka pastinya dan tak dapat terlihat hanya berdasarkan penampilan. Untuk mendapatkan berat tubuh ideal ada beberapa rumus yang bisa digunakan untuk menghitungnya, misalnya rumus Body Mass Index (BMI). Rumus ini direkomendasikan oleh para ahli kesehatan dunia dan telah dipublikasikan oleh WHO. Jadi Minasan tak dapat mengatakan apakah Minasan terlalu gemuk atau terlalu kurus sebelum menggunakan rumus tersebut untuk menghitung berat tubuh dengan rumus ini. Jika Minasan termasuk kelebihan berat badan, eberapa tips berikut dapat Minasan terapkan untuk memperoleh berat badan ideal kembali.
Memperoleh Berat Badan Ideal Dengan Gaya Hidup Sehat
1. Sebaiknya lupakan cara-cara instan untuk melangsingkan badan dalam waktu singkat seperti konsumsi obat-obatan diet yang saat ini sangat banyak ditawarkan oleh beragam online shop. Bila tetap ingin menggunakan obat-obatan tersebut, pastikan bahwa produk tersebut legal dan telah mendapat ijin dari BPOM. Sebagai gantinya, Minasan dapat mengkonsumsi ramuan pelangsing alami buatan sendiri seperti jus sayur atau jus buah.
2. Mulai hari ini perhatikan konsumsi makanan yang masuk pada tubuh. Konsumsilah lebih banyak makanan sehat dan bernutrisi yang akan memberikan kontribusi positif bagi tubuh dibandingkan hanya mempedulikan cita rasanya. Berhenti membeli hidangan jadi, karena makanan yang diolah sendiri dapat dipastikan kesegaran, kebersihan, dan kesehatannya. Untuk mendapatkan berat badan ideal, konsumsi lebih banyak bahan makanan segar alami seperti sayuran dan buah-buahan yang kaya serat sekaligus mampu memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.
Kualitas metabolisme tubuh yang baik akan membantu Minasan memperoleh berat badan ideal dengan meminimalisir penumpukan lemak. Menu diet sehat seharusnya sanggup memenuhi kebutuhan gizi tubuh tanpa membuat tubuhmu membesar. Untuk itu disarankan untuk memperbanyak konsumsi protein dan mengurangi karbohidrat. Sebaiknya, konsumsi karbohidrat kompleks seperti gandum utuh atau nasi merah yang tak hanya membuat kenyang lebih lama tetapi juga membuat Minasan lebih berenergi.
Kurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi, snack berkalori tinggi, kue-kue manis, minuman bersoda, dan fast food karena berpotensi menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh. Selain itu, konsumsi jenis makanan semacam ini dapat memperbesar resiko terserang penyakit jantung dan pembuluh darah yang dipicu peningkatan kadar kolesterol dalam darah.
3. Olahraga teratur akan membuat Minasan mencapai impian berat badan ideal dengan lebih cepat. Tak perlu menjadi anggota gym tertentu untuk berolahraga, karena beberapa latihan yang efektif membentuk tubuh dapat dilakukan sendiri di rumah. Olahraga seperti squat, sit up, push up, atau senam aerobik dapat menjadi pilihan jenis olahraga yang mudah dilakukan sendiri di rumah.
Penting untuk diingat bahwa tujuan utama mendapatkan berat badan ideal adalah demi kesehatan kita, tubuh menjadi ramping dan proporsional adalah bonus yang akan kita dapat dengan upaya kita tersebut.