Memiliki bentuk tubuh proporsional dengan berat badan ideal tentu menjadi keinginan kita semua baik pria dan terutama wanita. Dengan tubuh yang ramping dan berat badan ideal, tentu penampilan kita menjadi sempurna dan mudah mengikuti tren gaya berbusana terbaru. Tetapi mungkin kita sering bertanya-tanya bagaimana memperoleh berat badan ideal.
Banyak orang yang menganggap bahwa menaikkan berat badan jauh lebih mudah daripada menurunkannya, namun hal ini bisa berbeda-beda tergantung kondisi dan metabolisme tubuh seseorang. Untuk itu direkomendasikan untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan yang bernutrisi demi kesehatan sekaligus untuk menambah berat tubuhnya. Namun bagi Minasan yang mengalami masalah dengan berat badan yang berlebih, kuncinya terletak pada olahraga teratur. Agar berolahraga menjadi lebih menyenangkan, Minasan bisa melakukan hal-hal berikut ini:
1. Menonton TV Sambil Berolahraga
Daripada menonton TV sambil makan camilan yang ujung-ujungnya akan membuat Minasan semakin tertekan saat melihat angka di timbangan, mulai sekarang tontonlah TV sambil berolahraga. Jika Minasan mempunyai alat olahraga di rumah seperti sepeda statis atau treadmill, Minasan dapat mencoba menggunakannya sambil menonton acara TV favoritmu. Atau bisa juga melakukan angkat barbel, push up, sit up, atau senam. Dengan demikian olahraga tak akan membosankan.
2. Berjalan Kaki Lebih Banyak
Tak perlu menyediakan waktu khusus untuk berolahraga bila Minasan sangat sibuk. Sebagai gantinya, ubah gaya hidupmu dengan lebih banyak berjalan kaki. Mulai besok cobalah untuk menggunakan tangga saat hendak naik atau turun ke lantai yang lebih tinggi atau rendah di kantor. Tak perlu lagi menggunakan kendaraan jika ingin membeli keperluan di dekat rumah jika memungkinkan. Cara termudah yang dapat Minasan lakukan untuk mendapatkan berat badan ideal adalah tak lagi menggunakan remote control TV sehingga Minasan harus berjalan untuk mengganti saluran.
Menurut studi, orang-orang yang lebih banyak berdiri dan bergerak diketahui lebih dapat mempertahankan berat badan ideal. Selain itu, gula darah dan lemak tubuh mereka juga lebih rendah bila dibandingkan dengan mereka yang kurang bergerak. Malas berolahraga juga akan memperbesar potensi terserang diabetes tipe 2 dan obesitas.