Berbeda dengan zaman dahulu, wanita yang bertubuh gemuk berarti melambangkan kemakmuran dan kecantikan, namun di zaman sekarang lebih banyak wanita yang menginginkan memiliki berat badan ideal. Bukan hanya agar terlihat lebih menarik, berat badan yang ideal dengan bentuk tubuh ramping akan membuat seseorang menjadi lebih bugar dan meminimalkan resiko terserang penyakit degeneratif terutama yang berhubungan dengan pembuluh darah dan jantung.
Untuk memperoleh berat badan ideal memang setiap orang memiliki karakter tubuh masing-masing. Ada orang yang sulit menurunkan berat badan dan sebaliknya ada orang yang sulit menaikkan berat badan walaupun sudah mengkonsumsi beragam makanan yang konon dapat membantu membuat tubuh menjadi lebih berisi. Untuk saat ini kita akan membahas terlebih dahulu metode penurunan berat badan yang terbilang lebih sulit daripada menaikkannya.
Memperoleh Berat Badan Ideal Dengan Resep Ramuan Tradisional
Saat ini ada banyak alternatif metode yang bisa ditempuh untuk memperoleh berat badan ideal, seperti dengan beragam cara diet, akupuntur, sedot lemak, hingga konsumsi aneka obat pelangsing atau mengoleskan krim peluntur lemak. Cara-cara di atas tentu boleh-boleh saja dilakukan asalkan di bawah pengawasan ahli medis yang kompeten sehingga Minasan terhindar dari efek samping yang mungkin merugikan kesehatan. Tetapi bila merasa khawatir, Minasan dapat mencoba resep tradisional dari rimpang kunyit yang berkhasiat untuk membantu program diet.
Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep ramuan demi memperoleh berat badan ideal adalah, kunyit yang sudah tua secukupnya (ciri-cirinya warna dagingnya lebih pekat), gula jawa dan asam jawa secukupnya, sejumput garam, 1/5 bagian jahe dari ukuran kunyit, dan 1/4 bagian kencur dari ukuran kunyit. Cuci semua bahan alami hingga bersih dari tanah kemudian kupas. Setelah itu parut semua bahan hingga lumat. Tambahkan satu gelas air dan peras menggunakan kain katun bersih lalu tuangkan pada panci masak. Masukkan asam dan gula jawa juga garam kemudian rebus hingga mendidih. Tunggu hingga ramuan dingin dan siap dikonsumsi.
Untuk memperoleh berat badan ideal ramuan resep tradisional ini sebaiknya dikonsumsi 15 menit sebelum dan sesudah makan. Bila dilakukan secara teratur selama 2 hingga 3 kali seminggu, dalam waktu satu bulan Minasan akan mendapatkan bentuk tubuh yang lebih ramping dengan berat badan yang lebih ideal. Untuk mengetahui angka pasti berat tubuh ideal masing-masing, Minasan dapat menghitungnya sendiri berdasarkan rumus Indeks Massa Tubuh atau menggunakan kalkulator online untuk mengukur berat ideal di internet.
Kunyit telah sejak dahulu digunakan sebagai bahan pembuat ramuan untuk memperoleh berat badan ideal. Selain itu khasiat dari kunyit adalah membantu memperlancar menstruasi, mengurangi nyeri perut saat datang bulan, dan membuat tubuh lebih segar. Wanita yang sedang datang bulan dan mengkonsumsi jamu rebusan kunyit juga akan terhindar dari aroma keringat yang menyengat. Kunyit juga berkhasiat untuk menyehatkan hati Minasan.
Selain mengkonsumsi ramuan di atas, agar hasil yang diperoleh lebih maksimal dalam mendapatkan berat badan ideal, sebaiknya terapkan pola hidup sehat dalam keseharian Minasan. Jangan lupa konsumsi hidangan segar seperti buah dan sayuran dalam menu makan Anda sehari-hari, cukupi kebutuhan cairan pada tubuh dengan minum air putih dalam jumlah yang direkomendasikan, dan lakukan olahraga secara teratur minimal 3 kali seminggu. Tak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup jalan-jalan keliling kompleks setiap pagi atau berenang bersama keluarga tercinta.