Berbagai gaya busana dalam tren fashion sering menuntut wanita untuk mempunyai bentuk tubuh proporsional dengan berat badan ideal. Tetapi apakah yang dimaksud dengan bentuk tubuh ideal tersebut? Sebenarnya terdapat standar berat tubuh ideal sebagaimana yang direkomendasikan para ahli, karena selain mempunyai bentuk tubuh yang ramping dan indah kesehatan tubuh Minasan juga merupakan hal yang penting. Tentu tak akan ada gunanya memiliki tubuh yang ramping tetapi dalam keseharian Minasan tak dapat melakukan aktivitas dengan baik karena sering merasa pusing, mudah lelah, atau sakit karena kekurangan nutrisi.
Mengukur Berat Badan Ideal
Sebenarnya tak sulit untuk mengukur sendiri berat badan ideal secara manual. Di internet juga telah tersedia kalkulator berat tubuh online untuk membantu Minasan memperoleh angka yang ideal. Tinggal memasukkan tinggi badan dan berat badan, lalu akan memperoleh hasil apakah berat badan Anda selama ini dapat dikatakan ideal atau tidak. Jika ingin mencoba mengukur sendiri berat tubuh idealmu, demikian rumusnya:
BDI = BB : KTB
BDI: berat badan ideal
BB: berat badan
KTB: kuadrat tinggi badan
Contoh: Jenny mempunyai tinggi badan 165 cm dan berat badan 55 Kg, berarti perhitungan berat tubuh idealnya adalah:
BDI = 55:1.65 = 19,83
Setelah mendapatkan angka 19,83 tersebut, Jenny dapat mencocokkannya pada standar kategori berat tubuh ideal:
1. Jika BDI = < (kurang dari) 17 maka berat Minasan termasuk sangat kurus (underweight)
2. Jika BDI = 17 maka berat badan Minasan termasuk kurus
3. Jika BDI =18,4 - 21, maka berat badan Minasan termasuk normal atau ideal
4. Jika BDI = 21,1 - 27, maka menunjukkan sedikit kelebihan berat badan
5. Jika BDI = 27,1 - 30, maka menunjukkan kelebihan berat badan ringan
6. Jika BDI = > (lebih dari) 30, maka Minasan termasuk kelebihan berat badan (overweight)
Untuk memperoleh berat badan ideal ada 3 hal yang dapat diupayakan:
Makanan Sehat
Memang penting untuk membuat tubuh kita ramping dan proporsional, tetapi dalam mengupayakan hal tersebut jangan melupakan bahwa tubuh kita juga membutuhkan nutrisi untuk melakukan metabolisme. Gizi yang kita perlukan adalah protein, karbohidrat, serat, vitamin, mineral, dan lemak. Konsumsi bahan makanan secara alami selalu lebih sehat daripada bahan makanan yang telah diproses apalagi bila mengandung zat pengawet. Tambahkan porsi buah dan sayuran segar dalam menu harianmu.
Olahraga
Olahraga tak hanya penting untuk memperoleh atau mempertahankan berat badan ideal tetapi juga untuk menjaga tubuh kita tetap sehat. Setiap kali setelah bangun tidur lakukan peregangan otot, lanjutkan dengan latihan cardio berjenis low impact. Melakukan olahraga sesuai hobi akan membuat Minasan lebih rajin dan bahkan ketagihan melakukannya karena dapat meningkatkan produksi hormon pembuat bahagia dan penghilang stress.
Istirahat Cukup
Fungsi tidur lelap adalah memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak agar tubuh tetap sehat dan dapat melakukan metabolisme dengan sempurna. Saat kita tengah tertidur lelap, tubuh juga memproduksi hormon leptin yang membuat kita tak ingin mengkonsumsi makanan manis. Dengan demikian kita akan tetap memiliki berat badan ideal. Oleh karena itu jika kurang tidur keesokan harinya kita akan terbangun dan merasa lapar. Kurang tidur juga akan mempengaruhi kestabilan mental kita sehingga kita akan lebih mudah tertekan, gampang emosi, dan susah berkonsentrasi.
Untuk memiliki berat badan ideal sebenarnya tak terlalu sulit. Minasan bahkan tak perlu melakukan diet ketat yang dapat menyiksa diri.