Sudah banyak dijelaskan secara gamblang bahwa melakukan program diet bukan berarti tak makan atau mengurangi porsinya secara berlebihan. Yang harus dilakukan saat diet ialah mengatur pola makan yang sehat dan diselaraskan dengan pola hidup seimbang.
Mengenai diet dengan pola makan sehat ada beberapa resep yang ampuh menurunkan berat badan secara bertahap dan alami. Resep pola makan sehat tersebut juga berfungsi menjaga tubuh agar tetap fit. Untuk penerapannya dibagi dalam beberapa kategori waktu. Seperti pola makan sehat di pagi, siang, sore dan malam serta tahapan resep per minggunya. Berikut detail penjelasannya:
Bagi Minasan yang ingin menjalankan diet dengan pola makan sehat dapat membaginya menjadi dua tahapan yakni minggu awal (1 sampai 3 minggu) dan minggu terakhir (minggu ke-4). Di awal Minasan bisa menerapkan pola makan rendah karbohidrat dan di akhir dengan pola makan berkarbohidrat normal.
Diet Dengan Pola Makan Sehat di Minggu Awal
1. Pagi hari
Menu sarapan yang baik bisa menggunakan 1 telur yang direbus atau dijadikan omelet. Padukan dengan semangkuk oatmeal atau gandum. Minuman sehatnya segelas susu low fat yang tinggi protein. Menu tersebut dapat diselingi dengan 2 atau 3 potong tahu dan tempe. Penutupnya bisa mengonsumsi buah segar seperti apel.
2. Siang hari
Minasan bisa mengisi energi dengan makanan berat yang sehat seperti nasi merah yang diatur porsinya. Kurang lebih 9 sendok makan saja. Lauknya pastikan bebas lemak seperti ayam, daging sapi atau ikan kurang lebih 150 gr. Lengkapi dengan sayur mayur hijau setengah mangkuk.
3. Sore hari
Sebagai cemilan baik di sore hari bisa mencoba 1 atau 2 potongan tahu tempe. Jika bosan bisa memilih ikan atau sepotong daging panggang.
4. Malam hari
Resep ketika malam bisa dengan dada ayam atau daging tanpa lemak sekitar 200 gr. Lengkapi dengan minuman sehat low fat dan tinggi protein 1 gelas.
Diet Dengan Pola Makan Sehat di Minggu Akhir
1. Pagi hari
Minasan sudah dapat mengonsumsi makanan normal dalam kadar tertentu. Misalnya satu telur, dua gandum atau semangkuk oatmeal dan susu low fat tinggi protein.
2. Siang hari
Nasi merah atau nasi cokelat dengan porsi 16 sendok makan sangat dianjurkan. Bisa dipadukan dengan lauk seberat 150 gr seperti daging, ayam atau ikan. Tambahkan juga sayuran hijau sebagai pelengkap makan siang Minasan.
3. Sore hari
Minasan bisa menjadikan setengah mangkuk oatmeal atau sepotong roti gandum sebagai cemilan untuk penambah tenaga.
4. Malam hari
100 gr daging, ayam atau ikan bisa jadi santapan di malam hari. Minasan bisa menambahkan 9 sendok nasi merah dan susuk low fat 1 gelas. Jika suka bisa mengonsumsi 1 buah-buahan dan pastikan makan malam Minasan dilakukan 2 jam sebelum tidur. Ini untuk menghindari terjadinya asam lambung ketika langsung tidur usai makan.
Menu makanan di atas bisa diganti sesuai selera dengan tetap memperhatikan takaran serta kandungan gizinya. Pilih makanan berkalori tinggi, berserat dan rendah lemak. Selain itu, jangan tergesa-gesa mengonsumsi makanan. Makanlah perlahan-lahan agar rasa kenyang bisa bertahan lebih lama.
Sebisa mungkin hindari makanan digoreng dan cepat saji serta perbanyak menu direbus atau dikukus. Jangan lupa minum air putih 8 gelas per hari untuk memenuhi cairan dalam tubuh. Caranya dengan meminum dua gelas air putih sebelum makan. Terakhir olahraga secara rutin seperti jogging, aerobik, berenang dan sebagainya. Semoga tips diet dengan pola makan sehat di atas dapat membantu ya, Minasan!