Pori-pori kulit wajah membesar merupakan salah satu problema yang kerap dialami oleh wanita. Meski tak berbahaya untuk kesehatan, pori-pori besar dapat membuat seseorang tampil kurang percaya diri karena sangat mengganggu penampilan. Selain itu kondisi tersebut juga dapat memicu timbulnya jerawat, keluar minyak berlebih hingga tampak kusam.
Kini mengecilkan pori-pori kulit wwajah dapat mudah diatasi dengan ragam produk kecantikan yang beredar di pasaran. Namun jika tak ingin terkena efek samping dapat memilih alternatif bahan alami yang ada disekitar. Hasilnya pun tak kalah cepat dan mudah jika rutin diterapkan sehari-hari.
Penyebab Pori-Pori Wajah Membesar
Sebelum mengambil langkah untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah ada baiknya jika tahu terlebih dulu apa saja yang menyebabkan pori-pori membesar.
1. Faktor keturunan atau genetika
2. Kulit berminyak memicu pori-pori membesar
3. Kotoran (bisa berasal dari debu, polusi atau riasan makeup yang masih menempel)
4. Bakteri yang tumbuh di kulit
5. Sinar matahari
Bahan Alami untuk Mengecilkan Pori-Pori Kulit Wajah
1.Putih Telur
Selain bergizi untuk kesehatan tubuh, putih telur juga kaya manfaat untuk kecantikan. Putih telur mampu mengurangi minyak berlebih di wajah dan menyerapnya. Selain itu, putih telur dapat mengecilkan pori-pori kulit sekaligus mengencangkannya.
Pengaplikasiannya layaknya masker wajah. Untuk mengolahnya ambil putih telur dan pisahkan dengan kuningnya. Kemudian campur 1 sendok teh madu dan dan minyak zaitun hingga jadi krim. Lalu oleskan ke wajah dan diamkan sampai kering sebelum dibilas air bersih. Madu dan zaitun juga dapat diganti dengan perasan jeruk secukupnya.
2. Es Batu
Benda beku dan dingin ini memiliki efek segar dan ampuh mengecilkan pori-pori kulit wajah, serta mengencangkannya. Penerapannya juga sangat mudah dilakukan. Cukup bungkus es batu dengan kain bersih dan lembut (seperti katun). Lalu gosokkan ke seluruh wajah secara perlahan. Hasil maksimal akan didapat jika dilakukan rutian di setiap pagi.
3. Tomat
Buah satu ini sangat baik dijadikan masker wajah. Selain mengecilkan pori-pori kulit, tomat juga akan memberikan nutrisi baik untuk perawatan wajah. Minasan bisa menerapkkannya dengan mengoleskan irisan buah tomat ke wajah secara langsung. Atau menghaluskannya dengan blender terlebih dahulu, lalu oleskan ke wajah. Tunggu hingga mengering lalu bilas air bersih.
4. Mentimun
Sebagai salah satu bahan kecantikan yang cukup populer mentimun memiliki banyak khasiat. Di antaranya melembabkan, menghaluskan, mencegah jerawat, menghilangkan kantung mata hingga mengecilkan pori-pori kulit wajah. Caranya bersihkan lalu haluskan mentimun dengan blender atau diparut. Kemudian oleskan ke wajah dan diamkan mengering sebelum dibilas.
Masker mentimun juga bisa diterapkan dengan campuran maizena dan diaduk rata sampai bentuknya seperti pasta. Atau diblender bersamaan dengan buah apel hingga mengental dan balurkan ke seluruh wajah.
5. Lemon atau Jeruk Nipis
Vitamin C yang terkandung dalam buah-buahan ini bukan hanya memberikan nutrisi dan mencerahkan wajah. Namun juga bermanfaat mengecilkan pori-pori kulit. Ada dua cara mudah yang bisa diterapkan. Pertama dengan mengiris bundar jeruk atau lemon lalu tempelkan ke wajah yang berpori-pori besar.
Kedua dengan mengambil perasan jeruk atau lemon dan oleskan ke wajah secara merata tiap malam menjelang tidur. Tunggu hingga kandungannya terserap lalu bilas air bersih. Masker jeruk atau lemon juga bisa mengencangkan kulit wajah.
Semua langkah diatas harus didahului dengan mencuci wajah sampai bersih terlebih dahulu. Jika Minasan melakukannya secara rutin, maka pori-pori kulit akan mengecil dengan cepat dan alami. Kulit wajah pun juga akan tampak mengencang, halus dan bercahaya.