Mengatasi flek hitam di wajah bukanlah hal mudah, namun bukan berarti tak bisa. Flek hitam adalah salah satu masalah di wajah yang dapat mengurangi keperayaan diri dan mengganggu penampilan seseorang. Untuk menghilangkannya banyak cara yang bisa jadi alternatif pilihan.
Di antaranya seperti melakukan treatment atau facial agar wajah kembali cerah dan bersih. Cara tersebut bisa diterapkan dengan pergi ke salon kecantikan yang tentunya membutuhkan biaya relatif besar. Padahal jika mau sedikit berusaha ada cara mudah nan ekonomis untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Bahan-bahannya alami dan bebas efek samping. Keberadaannya pun selalu ada disekitar dan mudah ditemukan. Lebih jelasnya simak penyebab dan cara jitu atasi flk hitam di wajah di bawah ini.
Penyebab Timbulnya Flek Hitam di Wajah
1. Paparan sinar matahari secara langsung dan terus-menerus.
2. Bekas jerawat dan kotoran yang menempel.
3. Faktor kehamilan.
4. Efek sejumlah obat seperti obat pencegah kehamilan, obat antibiotik, antiperadangan dan antiepilepsi.
5. Pemakaian rutin produk kecantikan yang berbahan merkuri dan asam salisilat hingga kulit jadi sensitif.
6. Faktor genetika atau keturunan. Biasanya flek berwarna agak kecokelatan di wajah. Atau bisa juga karena faktor hormonal.
Buah-Buahan Segar untuk Hilangkan Flek Hitam di Wajah
1. Jeruk Nipis atau Lemon
Kandungan vitamin C yang bersifat asam pada buah jeruk dan lemon memiliki khasiat beragam untuk kulit wajah. Ia mampu mengangkat sel kulit mati, merangsang pertumbuhan sel baru dan mencerahkan. Ketika diterapkan mungkin akan terasa sedikit perih hingga kemerahan. Namun, buah lemon dan jeruk sangat efektif menghilangkan flek, bintik-bintik, keriput dan bekas jerawat yang mengganggu penampilan Minasan.
Caranya, cukup mengoleskan perasan jeruk atau lemon ke seluruh wajah layaknya masker. Minasan bisa menggunakan kapas atau kain katun bersih untuk medianya. Diamkan beberapa menit hingga mengering lalu dibilas.
2. Semangka
Buah kaya air ini dikenal sebagai salah satu obat mengatasi flek hitam yang terbaik. Kandungan serat, vitamin dan airnya memberikan efek menenangan dan ampuh mengurangi flek dan bintik-bintik hitam di wajah. Caranya adalah Minasan dapat menggunakan isi buah semangka atau kulitnya saja.
Untuk isi cukup haluskan dan oleskan ke wajah hingga merata. Diamkan menyerap sekitar 20 menit lalu bilas dengan air bersih. Sedangkan kulitnya bisa digunakan untuk menggosok permukaan wajah. Biarkan mengering beberapa menit kemudian bersihkan dengan air.
3. Lidah Buaya
Salah satu tanaman perawatan rambut ini juga efektif menghilangkan flek hitam di wajah. Ada dua cara yang bisa diterapkan. Pertama oleskan saja secara langsung getah lidah buaya ke wajah secara merata. Diamkan sebentar lalu bilas dengan air bersih.
Kedua jadikan lidah buaya sebagai masker. Parut tanaman tersebut dan campurkan minyak zaitun secukupnya. Terapkan ke seluruh permukaa wajah dan biarkan sekitar 5 menit. Kemudian basuh dengan air dingin. Hasil maksimal akan didapat jika dilakukan secara rutin setiap hari.
4. Bengkoang dan Mentimun
Duah buah ini bisa digunakan sebagai masker wajah untuk menghilangkan flek hitam. Minasan bisa mengolahnya masing-masing dengan dihaluskan terlebih dahulu lalu dioleskan ke wajah. Atau cukup potong tipis-tipis dan tempelken ke area yang banyak bermunculan flek hitam. Penerapan rutin akan sukses mengusir flek hitam di wajah dengan cepat.
Selain buah-buahan, bahan lain seperti tomat, kentang, bawang merah, yoghurt dan minyak cendana juga terbukti ampuh atasi masalah flek hitam di wajah. Minum air putih 8 gelas sehari pun dipercaya dapat membuang racun dan memudarkan flek hitam secara perlahan. Hal yang tak kalah pentingnya ialah menghindari penyebab timbulnya flek hitam dengan menerapkan pola hidup sehat dan bersih.