Biang keirngat atau yang dalam istilah medis disebut dengan �gmiliaria�h ini biasanya muncul pada saat suhu udara sedang naik namun kelembaban udaranya juga tinggi. Biang keringat adalah kondisi di mana kelenjar keringat tertutup sehinga produksi keringat terhambat dan menyebabkan keringat tidak bisa keluar atau tertahan. Dikarenakan oleh keringat yang tertahan, maka muncul bintik-bintik kecil kemerahan pada kulit yang terasa panas dan gatal. Penyebab dari biang keringat ini bisa bermacam-macam termasuk karena suhu yang panas, makeup terlalu tebal, pakaian yang sirkulasi udaranya tidak bagus atau terlalu ketat, dan lain sebagainya. Biang keringat sering diatasi dengan menaburkan bedak talek. Bedak talek memang bisa memberikan efek sejuk dan mengurangi rasa gatal namun kelenjar keringat akan semakin tertutup dan tidak mengatasi masalah. Berikut adalah beberapa obat biang keringat yang bisa mengatasinya dengan baik.
1. Lidah Buaya
Lidah buaya atau aloe vera banyak digunakan sebagai produk kecantikan karena kandungan vitamin dan mineralnya sangat baik dari ujung rambut hingga ujung kaki. Lidah buaya juga mengandung asam-asam amino dan polisakarida yang bisa digunakan sebagai obat biang keringat. Menggunakan ludah buaya juga akan memberikan efek menyejukkan pada bagian kulit yang timbul bercak kemerahan sehingga Minasan akan merasa lebih nyaman. Caranya adalah dengan mengupas satu ruas lidah buaya dan mengambil bagian gelnya. Setelah gel dicuci bersih kemudian cukup diusapkan pada bagian kulit yang mengalami biang keringat pada pagi hari dan sore sampai biang keringat hilang.
2. Baking Soda
Bagi Minasan yang cenderung sering mengalami biang keringat namun tidak suka membuat kue tidak ada salahnya jika tetap menyediakan baking soda di dapur. Baking soda bisa dimanfaatkan sebagai obat biang keringat yang baik. Dalam dunia memasak, baking soda digunakan sebagai pengembang agar adonan kue menjadi bagus, namun ternyata baking soda juga bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi biang keringat. Baking soda memiliki khasiat untuk membersihkan kulit dari kotoran sehingga kelenjar keringat tidak tertutup dan keringat bisa dikeluarkan dengan baik. Minasan bisa mandi sambil mencampurkan sedikit baking soda dan dua sendok teh untuk satu galon air baik pada pagi hari maupun sore hari.
3. Timun
Timun memiliki sifat yang menyejukkan dan menyegarkan dan bisa dimanfaatkan sebagai obat biang keringat. Timun mampu membersihkan bagian kulit yang terkena biang keringat agar pori-pori kulitnya terbuka dan sirkulasi udara menjadi lancar kembali. Minasan bisa memarut timun atau diblender lalu dioleskan pada bagian yang terkena biang keringat.
4. Daun Tembelekan
Meski digunakan sebagai tanaman herbal, daun tembelekan sebenarnya tumbuh secara liar dan agak beracun. Racun pada daun inilah yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi rasa gatal dan menghilangkan biang keringat. Caranya adalah dengan merebus segenggam daun tembelekan dengan air sebanyak 3 gelas. Rebus hingga hangat atau kira-kira selama 15 menit dengan api kecil. Air rebusan ini digunakan untuk membasuh bagian tubuh yang terkena biang keringat dengan menggunakan waslap atau handuk bersih. Minasan bisa mendapatkan daun tembelekan sebagai obat biang keringat di toko-toko obat herbal.