Dalam dunia kecantikan serum banyak digunakan sebagai produk perawatan kulit. Serum sering diartikan sebagai cairan yang mengandung zat aktif yang sangat berguna untuk memperbaiki struktur kulit. Serum cenderung lebih populer ketimbang pelembab dan banyak produk kecantikan berlomba-lomba mengeluarkan merek terbaiknya untuk ditawarkan pada masyarakat.
Ada banyak jenis serum yang beredar di pasaran saat ini. Seperti serum vitamin C, serum vitamin E, serum kolagen dan sebagainya. Beberapa produk bahkan ada yang mencampurkan beberapa vitamin sekaligus untuk memberikan hasil maksimal bagi pemakainya.
Bagi Minasan yang memiliki kondisi kulit khusus, seperti berminyak dan berjerawat, sebaiknya gunakan serum wajah untuk kulit berjerawat yang mengandung vitamin C. Serum ini juga paling populer karena berfungsi untuk sintesa kolagen yang menghambat proses penuaan dan antioksidan. Selain itu, serum vitamin C juga mengatasi sejumlah masalah lain di wajah seperti kulit kusam, kadar minyak berlebih, flek hitam dan sebagainya.
Jerawat juga dapat dicegah dengan baik karena serum vitamin C mengandung zat antiradang. Untuk kecantikan serum vitamin C biasanya memiliki kadar sekitar 15 persen. Sedangkan untuk perawatan atau pengobatan digunakan kadar lebih tinggi sekitar 20 persen.
Cara Tepat Memakai Serum Wajah untuk Kulit Berjerawat
1. Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan sabun atau pembersih muka agar penerapan serum lebih maksimal dan efektif.
2. Teteskan serum sekitar 34 kali di telapak tangan. Lalu gosok hingga hangat dengan kedua tangan agar mudah penetrasinya ke kulit wajah.
3. Usap merata ke seluruh wajah hingga batas leher. Khususnya pada area tertentu yang bermasalah seperti kerutan atau jerawat di wajah.
4. Setelah itu bisa melengkapinya dengan sunblock atau bedak agar tampil lebih maksmal. Pagi hari serum berfungsi menjaga kulit dari polusi dan matahari. Sedangka sore hari dapat memulihkan kondisi kulit.
Dalam penggunaan serum wajah untuk kulit berjerawat biasanya akan terasa perih, untuk itu tipis-tipis saja mengoleskannya. Selain itu, perlu diperhatikan agar tidak menerapkan secara langsung serum saat kulit berjerawat. Sembuhkan dulu jerawat sebelum memakai serum agar tak memperparah kondisi kulit wajah.
Plus Minus Penggunaan Serum Wajah untuk Kulit Berjerawat Dengan Kandungan Vitamin C
Pada kulit berminyak dan berjerawat serum vitamin C memiliki sejumlah manfaat di antaranya:
1. Mencerahkan kulit kusam akibat flek hitam.
2. Mengencangkan dan menghaluskan kulit wajah.
3. Menyimpan cadangan air yang membuat kulit tetap lembab sekaligus mengontrol minyak berlebih.
4. Mencegah jerawat dan penuaan dini.
5. Melindungi kulit dari terpaan sinar UV serta membuat awet muda jika diterapkan dalam jangka waktu panjang.
Meski demikian serum wajah untuk kulit berjerawat dengan kandungan vitamin C juga memiliki efek berbahaya. Terlebih jika digunakan dalam dosis berlebihan. Efeknya antara lain:
1. Memicu kerusakan ginjal. Organ tubuh tersebut memiliki batasan dalam memproduksi vitamin C. Jika dipaksa bekerja terlalu keras akan menyebabkan gangguan dan kerusakan.
2. Memicu pembentukan radikal bebas di tubuh. Fungsi vitamin C memang menghadang serangan radikal bebas, namun jika dosisnya berlebihan vitamin C justru berubah jadi radikal bebas dan menyerang tubuh.
Supaya aman dalam menggunakan serum sangat dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter untuk menentukan jenis serum yang tepat. Jangan mudah terbujuk iklan dan pastikan memilih serum wajah untuk kulit berjerawat yang bersifat stabil, yaitu serum yang tak mudah teroksidasi atau berubah. Ingat, obati dulu jerawat sebelum mengaplikasikannya dan hentikan pemakaian produk serum jika menimbulkan alergi. Secara garis besar serum sangatlah bermanfaat untuk kecantikan jika digunakan secara tepat.