Siapa yang tidak mendambakan kulit yang cerah dan sehat. Bahkan jika Minasan memiliki kulit yang gelap pun tidak masalah karena yang penting kulit terjaga kesehatannya dan tidak kusam. Berbagai produk wajah dan tubuh mungkin sudah Minasan gunakan untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah. Salah satu faktor yang membuat warna kulit tampak kusam adalah paparan sinar matahari yang bahkan bisa menembus kulit kaca sehingga bukan jaminan bagi Minasan meski sedang berada di dalam ruangan namun tetap bisa terkena efek buruk dari sinar UV. Terlalu banyak menggunakan produk berbahan kimia juga tidak bagus untuk kesehatan dan berdampak buruk jika digunakan dalam waktu jangka panjang. Ada cara-cara yang praktis dan lebih aman untuk mendapatkan kulit yang cerah. Berikut adalah tips kulit cerah alami.
1. Rutin Exfoliating atau Scrubbing
Dikarenakan oleh aktivitas sehari-hari dan siklus hidup sel di dalam tubuh, akan terdapat lapisan kulit mati di wajah dan tubuh yang perlu dibersihkan secara rutin. Gunakan krim khusus untuk scrub yang dioleskan pada sekujur tubuh termasuk wajah untuk mengelupaskan lapisan kulit mati dan membuat warna kulit menjadi lebih cerah. Tidak perlu menggosok kulit dengan keras pada saat scrubbing, cukup sambil dipijat secara lembut maka kulit mati ini akan ikut terangkat bersama dengan krim scrub yang telah mengering. Rutinitas ini merupakan tips kulit cerah alami yang utama yang seharusnya dilakukan setidaknya seminggu sekali untuk membersihkan tubuh dan wajah dari sisa kotoran yang tidak bisa dijangkau oleh sabun biasa.
2. Memanfaatkan Lemon dan Jeruk Nipis
Banyak kalangan elit yang menggunakan suntik vitamin C untuk mendapatkan kulit cerah dengan cara instan. Cara ini memang bisa mencerahkan kulit dengan cepat namun bukan berarti tanpa risiko apalagi jika dilakukan bukan oleh orang yang ahli dan profesional. Tips kulit cerah alami adalah dengan mendapatkan vitamin C dari bahan yang alami yaitu lemon dan jeruk nipis. Lemon dan jeruk nipis mengandung vitamin C yang cukup diperlukan bagi tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus membuat kulit menjadi lebih cerah. Memanfaatkan lemon dan jeruk nipis bisa dibuat menjadi minuman yang segar atau dijadikan masker dengan cara mencampur air perasannya dengan madu secukupnya lalu dioleskan ke wajah seperti layaknya masker wajah biasa.
3. Banyak Minum Air Putih
Memakai berbagai produk vitamin atau menggunakan berbagai bahan alami sebagai masker untuk membuat kulit tampak lebih cerah tidak akan berhasil dengan maksimal apabila tubuh Minasan mengalami dehidrasi. Minum air putih secukupnya sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi sehingga segala vitamin dan mineral yang masuk ke dalam kulit bisa terserap dengan baik. Minum air putih juga akan melarutkan zat-zat racun keluar dari dalam tubuh sehingga sel-sel rusak yang menyebabkan kulit kusam bisa segera diganti dengan sel yang baru. Kebiasaan minum air putih bisa dijadikan sebagai tips kulit cerah alami yang mudah untuk dilakukan.
4. Scrubbing Dengan Gula Pasir
Seperti telah disebutkan bahwa tips kulit cerah alami adalah dengan rutin melakukan scrubbing untuk mengangkat lapisan kulit mati dan membuat warna kulit menjadi lebih cerah. Salah satu bahan dapur yang bisa digunakan untuk scrubbing adalah gula pasir. Gula pasir yang dicampurkan dengan sedikit air perasan lemon, minyak zaitun, dan air bisa menjadi scrub alami dan mengangkat lapisan sel kulit mati sekaligus memberikan nutrisi kepada kulit agar terhindar dari efek buruk radikal bebas.