1. Hindari Makanan Tak Sedap

Kamu tentu sudah mengetahui jika diantara daftar makanan dengan aroma tak sedap, maka jengkol dan petai masuk di daftar teratas. Bagi sebagian orang, jenis makanan ini memang cukup lezat. Dan kalau kamu salah satu penikmat jengkol dan petai makan sudah saatnya menguranginya. Dua makanan ini bisa menimbulkan aroma tak sedap pada mulut. Apalagi jika kamu berencana menghadiri pesta atau harus melakukan presentasi di depan orang banyak.

2. Jaga Kebersihan Mulut

Salah satu cara agar terhindar dari bau mulut adalah dengan menjaga kebersihan mulut dan gigi. Menyikat gigi secara teratur adalah cara sederhana untuk mencegah bau mulut menyerang. Menyikat gigi untuk mengatasi bau mulut dapat dilakukan setelah makan, bangun tidur, dan sebelum tidur. Dengan membersihkan sisa-sisa makanan yang terselip di gigi akan mengurangi kuman penyebab bau mulut.
source: http://www.memobee.com/inovasi-baru-memperkenalkan-sikat-gigi-idaman-bagi-anda-orang-super-sibuk-1159-myreview.html

3. Konsumsi Buah-Buahan

Jangan anggap remeh manfaat buah untuk kesehatan mulut. Salah satu yang seringkali mengganggu kesehatan mulut adalah munculnya sariawan. Bau mulut juga bisa disebabkan oleh sariawan. Oleh karena itu, kamu harus banyak mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C. Sariawan muncul akibat kekurangan vitamin C.

4. Wajib Sarapan Pagi

Produksi air liur yang meningkat ketika menyantap sarapan pagi akan membuat bakteri penyebab bau mulut mati. Untuk itu sebaiknya kamu mengonsumsi makanan sebelum mulai beraktivitas untuk mencegah bau mulut setelah tidur semalaman, ya.

5. Kebiasaan Merokok

Salah satu akibat buruk dari merokok selain infeksi paru-paru adalah kemungkinan terserang kanker mulut. Untuk itu, bagi kamu perokok aktif sebaiknya mengurangi kebiasaan merokok. Bau mulut biasanya dialami oleh orang yang merokok. Kamu bisa memilih permen karet untuk mengurangi kebiasaan merokok dan pilih pasta gigi khusus untuk menghilangkan aroma tak sedap pada mulut.

6. Kopi untuk Bau Mulut

Tak hanya nikmat dijadikan teman penunda kantuk, kopi hitam juga mampu mengatasi masalah bau mulut, lho. Ambil kopi hitam sekepalan tangan kemudian tumbuh. Setelah itu kunyah untuk membersihkan bagian dalam mulut. Meski rasanya pahit, namun cara ini cukup ampuh untuk mengatasi bau mulut.
source: http://www.prearchitects.com/article/50.html

7. Kunjungi Dokter

Cara selanjutnya untuk mengatasi bau mulut adalah dengan dengan secara rutin konsultasi di dokter. Kamu harus memeriksakan gigi minimal enam bulan sekali. Biasanya ada karang gigi yang harus dibersihkan, selain itu jika kamu punya gigi berlubang bisa diatasi dengan ditambal. Masalah gigi berlubang adalah satu dari banyak sebab bau mulut. Gigi berlubang menjadi tempat bakteri menumpuk sehingga menimbulkan aroma tidak sedap.
source: http://citysquaredental.ca/

8. Permen Karet

Permen karet biasanya memiliki beberapa pilihan aroma mint yang menyegarkan. Bukan tanpa alasan. Karena mint dapat membantu membuat nafas lebih segar. Selain itu, permen karet juga mampu membantu mengatasi masalah bau mulut. Dengan mengunyah permen karet akan merangsang produksi air liur sehingga mengusir kuman bakteri penyebab bau mulut.

9. Berkumur

Usai menyikat gigi, berkumur adalah cara yang tepat untuk membantu mengatasi bau mulut. Ada banyak pilihan untuk berkumur. Kamu bisa memilih bahan alami seperti rebusan air daun sirih, lalu ada pula air hangat dan garam. Jika ingin yang praktis, di pasaran sudah tersedia obat kumur yang bisa kamu bawa kemana pun dan digunakan usai menyikat gigi.
Jika kamu rajin melakukan kebiasaan baik di atas maka masalah bau mulut pun dapat dengan mudah diatasi. Selamat mencoba!