Meskipun ada banyak krim pemutih dan pencerah yang dijual dengan bebas di pasaran, tidak ada salahnya jika kamu mencoba mencerahkan kulit dengan menggunakan bahan alami. Salah satu perawatan memutihkan kulit dengan bahan alami adalah dengan memanfaatkan asam jawa. Manfaat asam jawa untuk wajah ini banyak mengandung vitamin C sehingga dapat mengangkat sel kulit mati, serta kaya anti oksidan yang mampu mempertahankan keremajaan kulit kamu.

Pencuci Wajah

Manfaat asam jawa untuk wajah memang tidak main-main. Untuk kamu yang baru pertama kali mencoba perawatan memutihkan kulit dengan asam jawa bisa menggunakannya sebaga pencuci wajah. Caranya cukup mudah, rendam beberapa asam jawa dalam air kemudian pakai air rendaman tersebut untuk mencuci muka kamu.

Kandungan asam jawa yang bisa membuat kulit kamu cerah adalah kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Karena kandungan inilah kulit akan menjadi lebih cerah dan warnanya akan merata.
source: https://inti-kesehatan.blogspot.co.id


 

baca juga

Asam Jawa untuk Mandi

Buah asam jawa juga dapat kamu manfaatkan untuk perawatan memutihkan kulit, kulit berminyak, melembabkan dan mengatasi kulit yang meradang. Selain itu juga dapat dipakai untuk menghaluskan, membersihkan dan mengharumkan kulit tubuh. Untuk mendapatkan semua manfaat tersebut kamu bisa menggunakan asam jawa di saat mandi. Sebelum menggunakan sabun mandi, bersihkan kulit tubuh kamu dengan melakukan luluran untuk membersihkan kotoran yang melekat pada kulit tubuh.

Kemudian seluruh tubuh digosok dengan asam Jawa yang telah dicampur dengan sedikit air hangat. Setelah itu, kamu bisa mandi seperti biasa dengan menggunakan air hangat. Untuk mendapatkan kulit yang bersih, halus serta harum, lakukan perawatan ini secara teratur seminggu sekali.
source: http://life.viva.co.id

Masker Wajah

Membuat masker wajah dari asam jawa sangat mudah. Kamu bisa mengambil sepotong asam jawa dan campurkan dengan susu bubuk. Campuran ini nantinya dapat dijadikan pasta sebagai masker wajah. Biarkan hingga kering, lalu bilas hingga bersih dengan air hangat. Kamu akan mendapatkan kulit lebih halus dan cerah setelah beberapa kali pemakaian masker asam jawa secara teratur.


 

baca juga

Toner Wajah

Selain sebagai masker, asam jawa juga bisa kamu jadikan toner alami. Campur asam jawa dengan air mawar secukupnya dan gunakan sebagai toner untuk kulit. Toner ini akan terasa semakin segar ketika kamu digunakan saat cuaca panas. Selain segar tentunya kulit kamu lebih putih dan sehat.


 

Jus Asam Jawa

Asam jawa juga bisa memutihkan kulit kamu dari dalam. Untuk membuat jus asam jawa, bersihkan 3 buah asam jawa yang akan dipakai jus, buang seluruh bijinya, kemudian rendam dalam sedikit air hangat. Kamu bisa meminumnya secara teratur untuk hasil yang maskimal. Apabila jus ini dirasa terlalu pekat atau asam, kamu bisa menambahkan sedikit air.
source: http://www.teruskan.com


 

Lulur Asam Jawa

Untuk perawatan memutihkan kulit tubuh kamu juga bisa memanfaatkan asam jawa sebagai lulur. Caranya, ambil 2 buah asam jawa, letakkan di piring kecil, lalu beri sedikit air agar lunak. Setelah lunak, gosokkan perlahan asam jawa tersebut ke kulit tubuh kamu. Biarkan beberapa menit hingga agak kering lalu bersihkan dengan air.

Selain memutihkan, lulur asam jawa juga bermanfaat untuk kamu yang memiliki jerawat di badan. Memang akan terasa perih, tapi ini normal karena dengan lulur asam jawa ini jerawat kamu akan cepat sembuh. Akan tetapi jika timbul rasa gatal, segera bilas sampai bersih dengan air hangat.


 

Pasta Asam Jawa

Kamu bisa membuat pasta asam jawa untuk menyamarkan atau mencerahkan lingkar hitam di mata kamu atau yang biasa disebut mata panda. Lingkaran hitam di sekeliling mata memang terlihat kusam, gelap dan mengganggu penampilan kamu. Oleh karena itu gunakan pasta asam jawa untuk mengatasi masalah tersebut.

Membuat asam jawa cukup mudah mudah, cuci asam jawa dan giling dengan sedikit susu dan bubuk kunyit. Kemudian, oles pasta asam jawa di bagian bawah mata Anda dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu bilas untuk membersihkannya.
source: http://www.alodokter.com
Jangan terlalu sering menggunakan asam jawa untuk perawatan memutihkan kulit, cukup 1-2 kali seminggu sesuai kebutuhan karena jika terlalu sering akan membuat kulit kamu menjadi kering. Setelah kamu melakukan perawatan dengan asam jawa hendaknya menggunakan essential oil seperti minyak zaitun atau almond untuk menjaga kelembapan kulit kamu.