Diet Dengan Air Putih?

source: http://www.diet-blog.com/07/diet_water.php
Air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah sebagai sarana diet untuk menurunkan berat badan secara alami. Mungkinkah menurunkan berat badan dengan air putih? Jawabannya mungkin saja. Dilansir dari detik.com, coba saja tengok pengalaman dari Dian Rika. Perempuan berumur 32 tahun ini berhasil menurunkan berat sebanyak 25 Kg dengan diet dan menambah konsumsi air hanya dalam jangka waktu lima bulan!
Saya juga membiasakan diri untuk minum air putih sebanyak 3 liter dalam sehari. Ketika saya merasa lapar, saya akan menguji dengan minum air putih terlebih dahulu, jika tetap terasa lapar setelah minum makan saya akan makan sayuran atau buah-buahan. Pola makan tersebut saya imbangi dengan olahraga teratur, yaitu joging dan berenang 3 kali dalam sepekan. Perlahan tapi pasti selama 5 bulan berat badan saya yang tadinya 100 kg turun menjadi 75 kg. Mengubah pola hidup menjadi lebih sehat memang tidaklah mudah, tetapi jika didukung oleh keluarga semuanya akan lebih mudah dan lancar.
source: http://health.detik.com/read/2014/03/18/082534/2528727/1419/minum-air-putih-3-liter-sehari-dian-sukses-pangkas-bobot-25-kg
Yuk, kita lihat metode diet air yang telah membantu Dian menurunkan berat badan hingga 25 Kg!

1. Naikkan Jumlah Konsumsi Air di Saat Masa Produktif

Metode diet populer diet air ini menitik beratkan pada konsumsi air sehari-hari. Dengan minum air di saat produktif (siang hari) akan mengurangi konsumsi minuman dengan kadar kalori tinggi seperti susu, smoothies, atau teh dan kopi yang biasanya akan berlanjut dengan camilan yang semakin menambah kalori. Selain itu konsumsi air dapat menguatkan metabolisme tubuh seperti mengatasi kulit kering, masalah pencernaan hingga dapat menaikkan konsentrasi, lho! Sebaliknya, kekurangan air justru dapat berujung pada kegemukan. Ketika kekurangan air, ginjal tidak berfungsi dengan baik sehingga kerjanya akan dilimpahkan pada hati. Hati bertugas membantu membakar lemak menjadi energi, namun jika hati harus melakukan pekerjaan lebih banyak dari seharusnya, maka hati tidak dapat membakar banyak lemak menjadi energi dengan optimal, sehingga lemak sebagian akan disimpan. Jika lemak tersebut terus tersimpan maka yang akan terjadi adalah kegemukan!
source: https://www.google.co.id/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0CAUQjhxqFQoTCPLm9tzVuccCFQEzpgod4w4FEA&url=http%3A%2F%2Fwellness.nmsu.edu%2Fdrink-more-water-campaign%2F&ei=htXWVfKLB4HmmAXjnZSAAQ&psig=AFQjCNGYguWGhhMoARbq81fiim22bX3e-w&ust=1440229119673280

2. Minum 2 Gelas Air Sebelum Makan

Metode diet populer diet air akan membiasakan Minasan untuk minum dua gelas air sebelum makan. Hal ini akan membantu Minasan mengurangi porsi makan karena air yang telah diminum akan memberikan efek kenyang sehingga mengurangi nafsu makan. Walaupun sudah didahului dengan minum dua gelas air, Minasan juga tetap harus mengukur kalori dari makanan, ya. Walaupun sedikit tapi jika kadar kalorinya banyak akan semakin menimbun lemak di tubuh Minasan.
source: https://www.google.co.id/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0CAUQjhxqFQoTCMvOj8vWuccCFYqglAod21IOOg&url=http%3A%2F%2Fwww.slideshare.net%2Fjovlincarren%2F8-tips-to-stay-hydrated-in-summer&ei=bdbWVYvkDIrB0gTbpbnQAw&psig=AFQjCNE4xFwd9SIPzJEIZTPPLuECS4H1RA&ust=1440229343359483

3. Ganti Minuman Manis Dengan Air Putih

Bila Minasan suka mengkonsumsi minuman berkalori tinggi seperti soda atau minuman dengan pemanis buatan, maka alangkah baiknya bila Minasan mulai menggantinya dengan air putih yang lebih sehat!
source: https://www.google.co.id/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0CAUQjhxqFQoTCJ6kgpbXuccCFUQrpgodmWEAeA&url=http%3A%2F%2Fwww.screenfitness.com%2F2014%2F05%2Fis-coca-cola-better-than-water.html&ei=CtfWVZ73EMTWmAWZw4HABw&psig=AFQjCNHoK95CNntus8_e8zPDJhznQ7tFgg&ust=1440229489465307
Coba saja tengok apa yang ada dalam beberapa contoh minuman manis ini. Walaupun beberapa telah mengkampanyekan bahwa ini adalah minuman sehat dan rendah kalori, biasanya minuman itu mengandung pemanis buatan dan tetap mengandung kalori. Apalagi yang terbuat dari olahan kimia, pasti akan memberikan efek yang tidak baik untuk metabolisme tubuh!
source: https://www.google.co.id/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0CAUQjhxqFQoTCJfn3ojYuccCFUEYlAodrmkISA&url=http%3A%2F%2Ffoodbabe.com%2Ftag%2Fvitamin-water-zero%2F&ei=-tfWVZeCNcGw0ASu06HABA&psig=AFQjCNHoK95CNntus8_e8zPDJhznQ7tFgg&ust=1440229489465307

4. Kurangi Konsumsi Garam

Mengurangi konumsi garam dan menambah konsumsi air putih harian dapat menurunkan berat badan secara instan.
Reducing amount of dietary salt you consume can help to loose water weight quickly, particulary when combined with an increase of daily water intake
source: http://www.wikihow.com/Lose-Weight-With-Water
Mengurangi konsumsi garam bukan berarti tidak menggunakan garam sama sekali saat memasak, namun mengontrol penggunaan sodium. Jadi Minasan juga harus memperhatikan beberapa komposisi makanan yang tidak menggunakan garam namun memiliki kadar sodium yang tinggi. Selain itu buah dan sayuran beku juga sebaiknya tidak dikonsumsi karena bisa jadi sayur tersebut digarami agar lebih awet, lebih baik Minasan memilih buah dan sayur yang fresh.
source: https://www.google.co.id/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0CAUQjhxqFQoTCLS5upTyuccCFSEjpgodkagJsg&url=http%3A%2F%2Fwww.planet-science.com%2Fcategories%2Funder-11s%2Fchemistry-chaos%2F2011%2F06%2Fmake-a-salt-sculpture.aspx&ei=VvPWVbS2LqHGmAWR0aaQCw&psig=AFQjCNGh3Gfsu_WhkoKI8N-lzQKCSpMDeA&ust=1440236736326864

Metode Diet Populer yang Mudah dan Sehat

Air memiliki segudang manfaat, namun kita sering mengabaikannya. Mulai saat ini lebih baik kembali pada yang alami dan hentikan konsumsi minuman dengan pemanis buatan dengan embel-embel low sugar. Yuk, konsumsi air lebih banyak untuk tubuh yang sehat!