1. Pastikan Tangan dalam Keadaan Bersih

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan dalam cara membersihkan wajah yang benar adalah kebersihan tangan. Pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu, karena tangan yang kotor adalah sumber kuman dan bakteri. Jangan sampai kamu justru memindahkan kuman, bakteri atau debu dari tangan ke wajah sehingga berpotensi menimbulkan jerawat. Akan lebih baik jika kamu cuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun anti bakteri.

 

source: http://loop.co.id

2. Pilih Sabun Muka Sesuai Jenis Kulit

Selanjutnya wajib memilih sabun muka atau pembersih wajah sesuai jenis kulit. Pastikan kamu baca seluruh tulisan dan keterangan yang tertera di kemasan sabun yang akan kamu gunakan untuk mengetahui apakah pembersih wajah tersebut sesuai dengan kondisi kulit. Perhatikan juga apakah ada paraben, pengawet sintetis, pewarna dan wewangian yang dapat menyebabkan iritasi. Dengan mengetahui kandungan yang terdapat pada sabun muka atau pembersih wajah, akan menghindarkan kamu dari kesalahan membeli produk dan jika pembersih wajah yang kamu pakai menimbulkan masalah pada kulit, sebaiknya jangan dilanjutkan pemakaiannya.

 

source: https://www.stylecraze.com
baca juga

3. Bersihkan Makeup Menggunakan Micellar water atau Cleansing Oil

Sebelum menggunakan facial cleanser, sebaiknya bersihkan dahulu makeup di wajah kamu karena tidak semua sabun cuci muka dapat mengangkat semua sisa makeup. Kamu bisa bersihkan sisa makeup menggunakan micellar watercleansing oil atau pembersih lainnya baru kemudian dilanjutkan dengan facial cleanser.  

 

source: https://www.republika.co.id

4. Bilas dan Keringkan dengan Handuk Bersih

Proses pembilasan yang tak sempurna akan meninggalkan sisa kotoran yang tidak diinginkan di wajah dan membuat pori-pori tersumbat. Oleh karena itu, pastikan untuk membilasnya dengan air sampai bersih dimulai dari dekat garis rambut dan dilanjutkan sampai sekitar rahang. Jangan lupa juga sela-sela hidung dimana biasanya sisa kotoran tertinggal. Jika sudah, kamu bisa keringkan dengan handuk bersih. Hindari mengeringkan wajah dengan cara menggosok dan menggunakan handuk berkali-kali karena kotoran dan bakteri dapat tertumpuk di handuk yang sudah dipakai. Cukup keringkan dengan cara menepuk wajah perlahan dan lembut sampai wajah benar-benar kering. 

 

 

source: https://kawaiibeautyjapan.com
baca juga

5. Akhiri dengan Skincare

Apakah semua berakhir di sini? Cara membersihkan wajah mungkin sudah selesai, namun alangkah baiknya jika dilengkapi dengan pengaplikasian skincare setelahnya. Kamu bisa gunakan sunscreen, serum, krim malam atau minimal gunakan pelembap wajah agar kulit wajah kamu tidak kering. Pastikan pelembap yang kamu gunakan yang oil-free dan berbahan dasar air atau gel. Jangan pernah menunggu kulit kering untuk memakai pelembap. 

 

source: https://www.cleanandclear.co.id