Flek hitam menjadi salah satu tanda penuaan yang sebaiknya harus segera kamu perhatikan sebelum semakin parah. Kalau kamu diamkan begitu saja, lama kelamaan flek hitam tersebut akan semakin besar dan menyebar ke area wajah lainnya. Biasanya flek hitam disebabkan karena paparan sinar matahari yang memicu produksi melanin di dalam kulit sehingga muncul bintik-bintik hitam atau cokelat di kulit wajah. Tapi, ada juga yang mengalami flek hitam karena faktor keturunan lho. Selain kedua hal tersebut, sebenarnya masih ada banyak faktor yang menyebabkan flek hitam muncul di wajah, seperti :

  1. Paparan sinar UV yang intens tanpa penggunaan sunscreen.
  2. Bahan-bahan berbahaya pada kosmetik dan skin care yang kamu gunakan.
  3. Polusi yang menyebabkan kerusakan pada sel kulit dan akhirnya membuat flek hitam muncul.
  4. Kebiasaan menggaruk kulit secara berlebihan saat kulit terasa gatal.
  5. Beberapa obat khusus seperti mesantoin, klorpromazine, sitostatik dan minosiklin yang bisa memengaruhi produksi hormon.
  6. Peningkatan hormon esterogen, progesterone dan hormon pemicu melanin yang membuat kulit mengalami hiperpigmentasi.
  7. Sekitar 20-70% dipengaruhi oleh faktor genetik.


 

source: http://www.totalbeauty.com/
Nah, untungnya saat ini tidak sulit untuk bisa mengatasi masalah munculnya flek hitam pada bagian wajah. Banyak produk serta perawatan kecantikan yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi atau mencegah munculnya flek hitam di wajah, salah satunya adalah perawatan dermaroller.

Dermaroller merupakan perawatan kulit wajah menggunakan alat roller yang dilengkapi dengan jarum-jarum kecil. Nantinya kulitmu akan dilukai menggunakan jarum-jarum kecil tersebut dengan tujuan untuk memicu produksi kolagen dan mempercepat proses regenerasi sel kulit. Walaupun awalnya kulitmu akan menjadi lebih sensitif dan berwarna kemerahan, nantinya tekstur kulitmu akan berangsur membaik.

Perawatan dermaroller sudah terbukti secara klinis mampu menghilangkan bekas jerawat, memperbaiki tekstur kulit yang rusak akibat bekas jerawat, dan juga menghilangkan flek hitam. 

Mengaplikasikan dermaroller secara rutin memang bisa memberikan efek cukup besar bagi kondisi flek hitam. Namun di samping itu, tentu penggunaan yang tepat menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Jika kamu tidak memahami cara menggunakannya dengan benar, maka akan sangat berisiko dan tidak akan mendapatkan hasil sesuai ekspektasi sebelumnya. Karena itu, walaupun bisa dilakukan sendiri di rumah, untuk pertama kali sebaiknya lakukan perawatan dermaroller di klinik kecantikan terpecaya ya dan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang sudah berpengalaman ya, Beautynesian!


 
source: http://www.lh-aesthetics.co.uk/