Penggunaan dermaroller di Indonesia mungkin belum setenar perawatan masker atau bahkan facial. Namun manfaat yang bisa Minasan dapatkan dari alat kecantikan tersebut cukup memberikan keuntungan besar. Bahkan Minasan juga bisa menggunakannya sendiri di rumah jika sudah memilikinya. Dengan begitu Minasan tidak perlu repot lagi untuk melakukan perawatan khusus di salon.
Jika Minasan bisa mengaplikasikan sendiri dermaroller dari rumah maka akan lebih mudah untuk menggunakannya secara rutin. Minasan juga bisa mengatasi masalah kulit wajah secara lebih maksimal karena tidak perlu menunggu waktu luang untuk datang ke salon. Tentunya kondisi tersebut akan sangat menguntungkan bagi Minasan karena juga bisa lebih menghemat biaya.
Cara Menggunakan Dermaroller Secara Mandiri
Meskipun alat tersebut dibuat dengan cara penggunaan yang mudah, namun Minasan perlu memperhatikan bagaimana cara untuk bisa menggunakan alat dermaroller yang canggih ini. Dengan begitu Minasan akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Tentu Minasan bisa memperoleh kulit halus dan muda tanpa harus menjalani operasi atau langkah kecantikan yang berisiko lebih tinggi.
Penting bagi Minasan untuk memperhatikan dengan baik cara penggunaanya pada wajah karena terdapat jarum-jarum halus pada alat dermaroller. Cara pengaplikasian yang tepat tentunya dapat memberikan hasil sesuai ekspektasi sebelumnya. Berikut beberapa cara yang perlu diperhatikan dalam mengaplikasikan alat ini.
1. Pastikan bahwa wajah Minasan dalam keadaan bersih, baik dari makeup atau hal lainnya. Maka akan sangat bermanfaat jika membersihkannya terlebih dahulu sebelum treatment.
2. Lakukan pengolesan anesthesia agar tidak sampai terjadi luka pada bagian wajah tersebut dan diamkan selama 30 menit.
3. Jangan lupa siapkan larutan aquadest steril dan kassa.
4. Lakukan roller secara perlahan dan hati-hati.
5. Jangan khawatir bila terjadi sedikit perdarahan, karena hal tersebut bisa memberikan hasil yang maksimal. Yang perlu dilakukan adalah membersihkannya kassa steril yang sudah diberi aquadest.
6. Lakukan hal tersebut secara bertahap pada seluruh bagian yang diinginkan selama kurang lebih 25 menit.
Setelah melakukan perawatan atau treatment menggunakan alat kecantikan dermaroller jangan lupa selalu mencucinya sampai bersih. Selalu lakukan sterilisasi ulang menggunakan aquadest atau bisa juga dengan alkohol. Kemudian masukkan kembali dalam alumunium foil dan bisa disimpan dalam kulkas agar tetap steril. Menjaga kesterilan dari alat tersebut sangat penting karena jika Minasan tidak bisa menjaganya dengan baik maka akan menimbulkan risiko masalah kulit lainnya.
Hal yang sangat penting untuk Minasan perhatikan dalam penggunaan dermaroller adalah hanya bisa digunakan secara pribadi. Meskipun Minasan bisa menggunakannya selama beberapa kali tetapi alat tersebut tidak bisa digunakan secara publik.
Selain itu, ukuran jarum harus disesuaikan dengan kondisi kulit. Untuk itu sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan tenaga ahli yang memahami mengenai hal tersebut. Sehingga Minasan bisa merasa lebih aman dan nyaman dalam menggunakan alat tersebut secara mandiri rumah. Jika Minasan menggunakan jarum dengan ukuran lebih dari 0,25 mm maka hanya bisa digunakan untuk 1 atau 2 minggu sekali.
Selama melakukan treatment menggunakan dermaroller Minasan harus memperhatikan tekanannya dengan baik. Jangan sampai Minasan terlalu memberikan tekanan pada alat tersebut sehingga memberikan luka cukup dalam bagi kulit wajah. Tentu hal tersebut akan sangat berbahaya jika Minasan salah dalam melakukannya. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami cara penggunaannya dengan benar.