Jerawat timbul karena banyak faktor sehingga membuat bakteri dan jamur berkembang biak. Umumnya, jerawat bermunculan di wajah dan juga di punggung. Sudah banyak tips alami dan cepat menghilangkan jerawat di wajah yang membandel, namun bagaimana dengan punggung?
Karena faktor penyebabnya hampir serupa, cara mengatasi jerawat punggung pun tak jauh berbeda. Jerawat punggung memang tak terlihat namun bisa memberikan efek sakit dan menyiksa penderitanya jika dibiarkan terus-menerus. Berikut sejumlah cara efektif menghilangkan jerawat di punggung.

1. Rutin melakukan scrub di punggung

Dengan teratur melakukan scrub, dapat mengangkat sel kulit mati yang menutupi jerawat sehingga lebih cepat sembuh. Gunakan scrub yang tidak terlalu kasar dan sangat dianjurkan meracik bahannya sendiri agar alami.
Caranya, campurkan secara merata gula pasir, perasan jeruk nipis dan madu. Lalu oleskan ke punggung yang berjerawat. Diamkan hingga mengering kemudian bilas dengan air bersih. Setelahnya, lembabkan kulit dengan losion tubuh yang tepat.

2. Perasan air lemon

Sudah umum diketahui bahwa lemon merupakan obat alami atasi jerawat baik di wajah maupun di punggung. Kandungan vitamin C, vitamin B, dan fosfor pada lemon dapat mengobati jerawat dan menghilangkan flek hitam. Cara pakainya, peras satu buah lemon dan tambahkan sedikit air. Kemudian oleskan dengan kapas atau kain lembut yang bersih ke punggung secara merata. Diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas hingga bersih. Lakukan beberapa kali secara teratur hingga jerawat punggung menghilang.

3. Campuran lengkuas dan minyak kelapa

Bahan dapur ini sangat mudah didapatkan dan ampuh atasi jerawat di punggung. Penerapannya dengan menumbuk atau melumat lengkuas hingga halus. Setelah itu, campurkan minyak kelapa secukupnya. Oleskan campuran tersebut ke punggung dan diamkan selama kurang lebih 1 jam. Bersihkan dengan handuk hangat kemudian mandilah denga air dingin.

4. Campuran putih telur, zaitun, dan mentimun

Putih telur cukup populer sebagai obat penghilang jerawat. Namun, untuk jerawat punggung dibutuhkan mentimun dan minyak zaitun sebagai tambahan. Caranya, kocok putih telur hingga berbusa. Kemudian lumatkan mentimun dan masukkan minyak zaitun secukupnya. Setelah itu, campurkan kedua bahan tersebut hingga merata. Oleskan ke punggung seperti lulur dan diamkan sampai mengering agar kandungannya meresap ke kulit. Lalu gunakan handuk hangat untuk membersihkan dan mandilah memakai air dingin.

5. Tumbukan aspirin

Aspirin dikenal sebagai obat penurun demam. Namun, obat tersebut juga dapat menghilangkan jerawat di punggung dan wajah. Alasannya karena kandungan anti inflamasi yang sangat membantu penyembuhan jerawat. Cara penerapannya, haluskan 15 butir aspirin dan tambahkan sedikit air hingga bentuknya seperti pasta. Balurkan secara merata di punggung dan biarkan mengering beberapa menit. Bilas sampai bersih. Lakukan minimal 3 kali dalam seminggu secara rutin hingga jerawat punggung sembuh.
Jika merasa kesulitan mengoleskannya di punggung, bisa meminta bantuan teman atau saudara. Cara menghilangkan jerawat punggung di atas akan semakin maksimal jika Minasan mengubah kebiasan buruk yang memicu timbulnya jerawat. Mandilah dua kali sehari dengan menggunakan sabun anti bakteri. Jangan lupa mengganti pakaian Minasan jika sudah kotor, terlebih jika tubuh mudah berkeringat. Sangat dianjurkan menggantinya setiap hari.
Selain itu, pilih bahan kain yang tepat untuk pakaian. Baju yang terbuat dari polyster, nilon, dan lycra dapat memicu jerawat karena cenderung menjebak bakteri dan bisa mengakibatkan infeksi kulit seperti jerawat. Imbangi juga dengan olahraga dan konsumsi makanan bergizi, termasuk mengurangi minuman berkafein seperti kopi.