1. Cari lounge atau ruang tidur khusus


Beberapa airport besar memiliki lounge dengan kursi nyaman untuk tidur atau ruangan kapsul perorangan. Cara paling nyaman untuk tidur di airport adalah tidur di tempat seperti ini, jika memang tersedia.
source: http://www.sleepinginairports.net/2013/best-airports.htm

2. Cari gerombolan orang yang tidur


Kalau kamu tidak menemukan lounge khusus untuk tidur, carilah gerombolan orang yang juga tidur dan tidur di dekat mereka agar petugas bandara merasa sungkan untuk mengusirmu.
source: http://ywamdp.org/2014/01/amazon-to-the-andes/

3. Tidurlah di area yang masih dilewati petugas


Sebisa mungkin tidur di tempat aman yang dilewati petugas, di dalam terminal atau terjangkau CCTV. Kalau kamu tidur di area yang terlalu gelap, malah akan mengundang orang untuk berbuat tidak baik.
source: http://buildipedia.com/aec-pros/design-news/sustainable-education-san-francisco-international-airports-terminal-2?print=1&tmpl=component

4. Pilih tempat yang nyaman


Carilah kursi tanpa sandaran tangan agar kamu bisa merebahkan tubuhmu di atas kursi. Hindari tidur di atas lantai karena dapat menghalangi jalan saat airport sudah beroperasi nanti.
source: http://www.sleepinginairports.net/2013/best-airports.htm

5. Simpan barang berharga


Masukkan handphone, dompet dan passportmu ke dalam satu tas dan gunakan tas itu sebagai bantal. Ini untuk mencegah kemungkinan orang mencuri sesuatu dari dalam tasmu.
source: http://www.dailymail.co.uk/news/article-1241539/Passengers-stranded-airport-days-airlines-cancel-flights-big-freeze.html

6. Bawa eyemask atau scarf


Airport yang beroperasi 24/7 selalu menyalakan lampu setiap saat dan dapat membuatmu sulit tidur. Bawa eyemask atau scarf untuk dililitkan pada matamu agar kamu dapat tidur nyenyak.
source: http://blog.bookingbuddy.com/2013/09/10-tips-for-sleeping-safely-at-the-airport.html

7. Pakai pakaian yang nyaman


Hindari memakai rok atau baju yang terbuka karena akan membuatmu kedinginan atau mengundang perhatian tak diinginkan saat kamu tidur.
source: http://www.dailymail.co.uk/news/article-2519774/Plane-delays-Flights-delayed-hours-airports-Britain-technical-problems.html

8. Jaga asupan makanan


Makan dan minum cukup juga menjadi faktor kenyamanan saat tidur. Makanlah makanan berkarbohidrat dengan sedikit protein seperti sandwich atau nasi campur dan minum cukup air putih. Hindari makanan berminyak.
source: http://citygirlbites.com/blog/archives/11208

9. Pasang alarm!


Mungkin kamu berniat hanya tidur sebentar sembali menunggu penerbangan berikutnya, tapi set alarm agar kamu tidak kebablasan tidur dan ketinggalan pesawat.
source: http://appadvice.com/appnn/2012/12/appadvices-top-10-best-paid-iphone-apps-of-2012
Semoga perjalananmu menyenangkan dan tidur cukup ya!