Alat yang Tidak Steril

Memencet jerawat memang tidak disarankan. Apalagi jika alat yang digunakan tidak steril dan membuat bakteri penyebab jerawat semakin bertambah banyak. Penggunaan alat yang tidak steril itu bisa berasal dari penggunaan alat secara bergantian, alat yang tidak dicuci hingga benar-benar bersih, atau menggunakan jari yang sangat mudah dihinggapi kotoran. Oleh sebab itu, facial tidak disarankan untuk kita yang memiliki kulit berjerawat mengingat bakteri bisa datang dari mana saja bahkan dari udara.

Perkembangan Teknologi

Seiring berjalannya waktu, larangan facial untuk kulit berjerawat juga mengalami perubahan. Banyak klinik kecantikan menggunakan teknologi canggih yang membantu mengatasi masalah jerawat melalui perawatan facial. Untuk perawatan tertentu dokter juga akan turun tangan sendiri untuk melakukan perawatan facial wajah berjerawat yang membuat Minasan merasa yakin bahwa perawatan ini benar-benar aman untuk kulit berjerawat. Metode facial dengan teknologi canggih yang paling banyak digunakan oleh klinik kecantikan saat ini adalah bio acne light treatment dan mesotherapy.

Mesotherapy Treatment

Perawatan ini menggunakan jarum khusus yang disebut mesogun untuk menyuntikkan vitamin atau serum dari bahan alami ke dalam lapisan mesodermis kulit. Perawatan ini banyak diminati oleh mereka yang memiliki berbagai macam masalah kulit yang sulit diatasi, khususnya kulit berjerawat hingga bopeng akibat jerawat. Umumnya, proses perawatan ini dilakukan langsung oleh para dokter, ya, Minasan. Jadi pastikan ketika mendatangi klinik kecantikan, Minasan benar-benar mendapatkan perawatan langsung dari dokter ketika melakukan mesotherapy treatment ini.
Tindakan Mesoterapi bukan prosedur pembedahan. Pegobatan ini dapat dilakukan secara aman oleh seorang dokter yang profesional dengan waktu relatif singkat. Treatment ini juga dapat dilakukan pada jam istirahat siang kantor karena tidak menimbulkan rasa sakit yang berarti, tidak memerlukan tindakan anetesia, pembiusan umum, atau masa istirahat panjang. Keuntungan treatment ini harganya relatif terjangkau dan tanpa efek samping yang berbahaya.
source: http://myskindoctor-spa.com/index.php?option=com_content&view=article&id=149:mesotherapy&catid=37:berita-kesehatan&Itemid=79
Mesotherapy ini tidak hanya untuk mengatasi masalah jerawat saja. Selain dapat mengurangi selulit, kulit keriput, hingga membuat kulit kenyal, metode ini juga bisa membuat pipi tembam Minasan menjadi lebih tirus melalui penghancuran lemak oleh metode mesotherapy ini.

Blue Light Therapy

Teknologi bio light therapy merupakan metode yang menggunakan sinar dengan warna-warna yang berbeda. Untuk mengatasi masalah jerawat, warna biru digunakan oleh para pakar kecantikan. Perawatan wajah dengan metode ini terbukti aman dan efektif untuk mengatasi masalah jerawat yang sulit diekstraksi seperti jerawat batu, jerawat papul, jerawat pustul, hingga jerawat cyst (bermata kembar). Perawatan ini tidak digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat, melainkan mempercepat penyembuhan jerawat dan mengeringkannya tanpa menggunakan bahan berbahaya.
source: http://www.acnecouncil.org/acne-light-therapy/
Bahan aktif yang digunakan adalah bubuk sponge (karang laut) dan marine water yang dicampur hydroxin peroxide 3% atau 5%. Karang laut mengandung mineral serta antiseptik yang baik untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.
source: http://www.femina.co.id/cantik/beauty.news/benarkah.tidak.boleh.perawatan.saat.berjerawat/002/001/18

Gano Ion Therapy

Metode ini memanfaatkan ion negatif untuk mengatasi berbagai masalah kulit termasuk kulit berjerawat. Cara kerjanya adalah dengan mengoleskan lotion bermuatan negatif pada kulit yang secara alami memiliki muatan positif sehingga akan terjadi proses tarik menarik, hingga ion negatif terserap ke dalam kulit. Proses ini juga diikuti oleh alat bermuatan negatif yang mendorong lotion bermuatan negatif semakin terserap oleh kulit. Perawatan ini memiliki tujuan memperbaiki kemampuan kulit dalam meregenerasi sel sehingga proses penyembuhan masalah kulit dapat diatasi dengan lebih cepat. Bahan aktif yang digunakan adalah ganoderma lucidum yang berasal dari jamur yang inti selnya mudah dipecahkan dan memiliki kemampuan mencerahkan kulit, meningkatkan sirkulasi pembuluh darah, serta mengontrol eksitasi dan inhibisi sel.
Perawatan ini sangat efektif karena lotion ion yang ditambah dengan ekstrak sambiloto dan daun sendok mampu meredakan jerawat yang meradang, memberikan nutrisi dan memperbaiki sel-sel serta jaringan yang rusak akibat jerawat.
source: http://lifestyle.okezone.com/read/2008/09/16/195/146419/m.okezone.com
Sekarang Minasan sudah tahu jenis facial mana yang aman untuk kulit berjerawat, kan?