Pastikan Kebersihan Tangan

Hal yang pertama yang perlu Minasan lakukan adalah memastikan bahwa tangan Minasan sudah bersih sebelum digunakan untuk mencuci muka. Apabila Minasan mencuci muka dengan tangan yang belum bersih, maka bakteri-bakteri atau kuman-kuman di tangan akan berpindah ke muka. Bukannnya muka bersih yang didapat tapi justru akan timbul masalah kulit lainnya. Untuk itu cuci tangan terlebih dahulu sebelum mencuci muka.
source: http://www.sinarharapan.co/news/read/27082/lebih-bahagia-dengan-mencuci-tangan

Jangan Terlalu Sering Mencuci Muka

Mencuci muka memang salah satu tahapan yang harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan kulit yang cantik. Tapi kalau terlalu sering mencuci muka justru dapat berakibat sebaliknya. Jika Minasan terlalu sering mencuci muka justru akan membuat kulit menjadi kering dan iritasi. Bagi Minasan yang memiliki kulit wajah berminyak, terlalu sering mencuci muka justru membuat wajah menghasilkan minyak lebih banyak. Mencuci wajah 2 kali sehari sudah cukup membuat muka Minasan bersih, kecuali setelah berolahraga atau beraktivitas di tempat yang banyak debu/kotoran.

Pilih Sabun Muka Sesuai Kondisi Kulit Wajah

Memilih sabun muka juga tidak bisa dianggap sepele. Minasan perlu mengenali terlebih dahulu jenis kulit wajah sendiri, baru kemudian membeli produk sabun wajah sesuai jenis kulit. Kesalahan dalam memilih sabun muka tentunya berpengaruh juga terhadap kesehatan kulit wajah Minasan. Jika sudah cocok dengan satu produk, jangan sering berganti ke produk yang lain. Hendaknya Minasan lebih memilih sabun muka dengan hasil yang melembabkan daripada yang membuat kulit wajah terasa kasat. Gunakan satu produk saja, jangan terlalu banyak atau bermacam-macam.
source: https://blog.tokopedia.com/2014/09/9-kesalahan-yang-sering-kamu-lakukan-saat-mencuci-wajah/

Bersihkan Sisa Sabun Muka dengan Benar

Bersihkan sisa sabun sampai benar-benar bersih. Perhatikan bagian-bagian seperti di sela-sela telinga, hidung, dan leher yang sering meninggalkan sisa sabun. Mengapa demikian? Karena sisa sabun yang menempel akan menjadi kotoran dan justru menimbulkan masalah kulit. Akan tetapi Minasan juga tidak perlu terburu-buru membilasnya. Minasan bisa memakai sabun muka kemudian memijat-mijatnya beberapa saat. Hal ini bisa melancarkan peredaran darah di wajah Minasan dan memastikan sabun muka benar-benar bekerja mengangkat kotoran di wajah dengan benar.

Gunakan Air Hangat

Mungkin Minasan bertujuan membersihkan kotoran di muka dengan benar dengan cara menggunakan air panas untuk membuka pori-pori, kemudian membilasnya dengan air dingin untuk menutup pori-pori kembali. Mulai sekarang jangan lakukan hal ini lagi. Air panas akan membuat kulit wajah minasan kering dan air yang terlalu dingin akan merusak pembuluh darah pada wajah. Gunakan saja air bersuhu ruangan atau air hangat, jangan terlalu panas dan jangan terlalu dingin.

Keringkan Wajah Dengan Benar

Setelah wajah Minasan dirasa benar-benar bersih dari sabun muka, keringkan dengan handuk tetapi jangan menggosok-gosokkannya pada wajah. Minasan bisa menepuk-nepuk dengan lembut di wajah Minasan. Hal ini untuk menghindari gesekan yang bisa menyebabkan kulit wajah Minasan luka atau bahkan iritasi. Pastikan juga handuk yang digunakan sudah bersih. Sebaiknya untuk mengeringkan wajah, Minasan menggunakan handuk yang berbeda dengan handuk yang digunakan untuk badan Minasan.
source: http://www.manfaatsmartdetox.com/cara-mencuci-muka-dengan-benar-dan-gampang.html
Bagaimana, Minasan? Siapkah menjalani gaya hidup sehat untuk kulit cantik? Mulailah dari hal yang paling sederhana ini, ya!