Kandungan Dalam Sabun Mandi

Tahukah Minasan kandungan yang ada dalam sabun yang Minasan pakai selama ini? Sabun merupakan hasil senyawa alkali yang bersifat basa. Selain itu, sabun juga memiliki kandungan Sodium Lauryl Sulfate (SLS). SLS merupakan salah satu jenis bahan pembersih surfaktan, karena bisa mengangkat kotoran dan noda minyak. Kandungan-kandungan tersebut berfungsi untuk mengangkat kotoran di kulit Minasan. Akan tetapi, sering dijumpai bahwa sabun tidak hanya mengangkat kotoran namun juga bisa mengangkat lemak yang berguna bagi kulit. Hal ini dikarenakan kandungan dalam sabun yang bersifat basa mempunyai sifat pembersih yang kuat terhadap kotoran di kulit Minasan yang bersifat asam. Beberapa sabun justru bisa mengikis kelembaban alami di kulit Minasan. Oleh karena itu, bagi Minasan yang memiliki kulit kering harus benar-benar memperhatikan kandungan sabun ketika membelinya.
source: http://kesehatankita.net/2013/04/atasi-kulit-yang-kering-dengan-memilih-sabun-mandi-yang-tepat/
Sabun terbuat dari senyawa alkali (natrium hidroksida atau kalium hidroksida) yang dicampur dengan lemak nabati atau hewani serta pewangi. Formulasi ini bersifat basa dan berfungsi membersihkan minyak dan kotoran di permukaan kulit yang cenderung bersifat sedikit asam.
source: http://www.femina.co.id/cantik/beauty.news/komposisi.dan.jenis.sabun/002/001/113

Memilih Sabun Mandi untuk Kulit Kering

Jika kulit Minasan termasuk dalam kategori kulit yang kering, Minasan tidak boleh sembarangan memilih sabun mandi. Jika Minasan perhatikan, kulit yang kering biasanya memiliki ciri-ciri yaitu tampak lebih kusam dan terkadang terlihat mudah rapuh atau jika Minasan menggoreskan sedikit kuku di kulit Minasan akan meninggalkan bekas warna putih yang tampak jelas. Jika hal ini terjadi pada Minasan, maka diperlukan sabun yang dapat memberikan cukup kelembaban pada kulit Minasan. Minasan bisa memilih sabun yang memiliki kadar vitamin E tinggi atau berbahan dasar minyak biji bunga matahari. Hal ini merupakan pilihan yang tepat untuk melembabkan kulit Minasan. Pilihan lainnya, Minasan dapat menggunakan sabun yang mengandung susu. Sebaiknya Minasan menghindari mandi dengan air yang sangat panas dan sabun yang keras karena dapat mengikis kelembaban kulit alami Minasan.

Mandi Tanpa Sabun atau Pilih Sabun Natural?

Terkadang kita jumpai Minasan yang memiliki kulit kering takut menggunakan sabun ketika mandi. Bahkan pada zaman dahulu orang hanya menggunakan batu kali untuk membersihkan badan atau menggunakan bahan alami dari tumbuhan. Namun apakah jika sekarang Minasan lakukan hal ini Minasan sudah merasa cukup bersih? Nah, di masa sekarang ini mungkin Minasan tidak perlu lagi melakukan hal seperti itu. Sebenarnya jika Minasan pandai dalam pemilihan sabun sesuai jenis kulit Minasan, hal ini tidak perlu terjadi. Minasan bisa tetap menggunakan sabun dan tetap bisa mendapatkan manfaatnya tanpa membuat kulit Minasan kering. Perlu Minasan ketahui juga bahwa kulit yang kering muncul karena ada sel-sel kulit yang mati. Untuk itu, Minasan bisa menggunakan scrub minimal seminggu sekali untuk mengangkat sel kulit mati di kulit Minasan.
source: http://rona.metrotvnews.com/read/2015/01/06/341563/pilih-sabun-mandi-yang-sesuai-jenis-kulit-anda

Sabun Batangan atau Sabun Cair?

Sodium hidroksida yang ada dalam sabun batang berguna untuk membersihkan tubuh dari kotoran. Akan tetapi, kandungan sodium hidroksida dalam sabun batangan juga dapat membuat kulit Minasan menjadi kering. Jika Minasan lebih memilih atau lebih nyaman menggunakan sabun batangan, pastikan sabun tersebut tidak mengandung alkali yang tinggi karena dapat menyebabkan iritasi dan kulit menjadi kering. Minasan bisa menggunakan sabun batangan yang mengandung banyak emolien untuk menjaga kelembaban kulit Minasan. Sedangkan untuk sabun cair biasanya mengandung pelembab seperti petrolatum yang bermanfaat untuk menjaga kulit Minasan agar tetap lembut. Sabun cair sebenarnya cocok digunakan oleh mereka yang memiliki kulit normal. Akan tetapi jika Minasan yang berkulit kering tetap ingin menggunakan sabun cair ketika mandi, maka pilihlah sabun cair yang mengandung petrolatum dan mengandung minyak pelembab alami. Biasanya pada kemasan ada keterangan mengandung moisturizing.
source: http://www.femina.co.id/cantik/beauty.news/komposisi.dan.jenis.sabun/002/001/113

Kandungan Sabun yang Baik untuk Kulit Kering

Meskipun sabun memang berguna untuk menghilangkan kotoran dan bakteri, namun kebanyakan yang terjadi adalah sabun juga menghilangkan minyak alami yang diproduksi oleh tubuh Minasan. Oleh karena itu, untuk Minasan yang berkulit kering, disarankan memilih sabun yang mengandung pelembab alami. Minasan bisa mulai memilih sabun dengan kandungan minyak bunga matahari, cocoa butter, atau minyak zaitun dari sekarang. Kandungan-kandungan tersebut akan membantu menjaga kelembaban dan kelembutan kulit Minasan.