Sebagai seorang wanita, tentu Minasan ingin selalu tampil cantik dan memiliki tubuh yang ideal. Namun bagi ibu yang sedang menyusui tentu akan sulit karena tidak bisa melakukan diet. Padahal dalam kondisi tersebut bukan berarti tidak bisa segera mendapatkan tubuh ideal. Dengan mengonsumsi makanan sehat untuk diet yang tepat, maka Minasan tetap bisa melakukannya tanpa harus mengganggu proses menyusui.
Hal yang terpenting untuk diperhatikan adalah pemenuhan nutrisi dasar dari setiap konsumsi makanan. Dengan perhitungan yang tepat, maka Minasan bisa mendapatkan keuntungan yaitu tubuh ideal dan sehat. Tentu Minasan akan merasakan perbedaan saat sebelum dan setelah melakukan metode diet tersebut.
Makanan Sehat untuk Diet Bagi Ibu Menyusui
Kebanyakan orang takut melakukan diet saat sedang menyusui dengan alasan air susu tidak keluar. Namun, hal tersebut akan terjadi jika Minasan melakukan diet dengan cara yang salah. Tentu jika Minasan sedang menyusui dan ingin mendapatkan tubuh ideal kembali, perlu diperhatikan makanan sehat untuk diet yang akan dikonsumsi agar produksi ASI tetap terjaga dengan baik.
Berikut beberapa nutrisi dari makanan sehat untuk diet yang bisa Minasan konsumsi selama masa menyusui dan menjaga produksi ASI untuk bayi Minasan.
1. Daging sapi rendah lemak yang mengandung zat besi untuk perkembangan pada bayi.
2. Gandum bisa menggantikan karbohidrat yang biasa dikonsumsi sebagai sumber energi utama. Pemilihan jenis makanan tersebut karena mengandung lebih banyak serat dan juga dapat mempercepat pembakaran kalori.
3. Beras merah juga bisa menjadi pengganti karbohidrat yang juga mengandung serat tinggi dan rendah kandungan gulanya. Hal ini tidak akan membuat Minasan terlalu banyak mengonsumsi gula.
4. Sayuran hijau seperti bayam akan membantu proses pencernaan Minasan dan bisa meningkatkan produksi ASI sehingga Minasan bisa menjalankan program diet tanpa mengganggu asupan nutrisi untuk si bayi.
5. Ikan lele akan memenuhi kebutuhan protein untuk tubuh Minasan. Selain itu, adanya kandungan lisin juga bermanfaat untuk kekuatan tulang bayi.
Selain beberapa jenis makanan sehat untuk diet bagi ibu menyusui tersebut, Minasan juga harus mengimbanginya dengan olahraga ringan secara teratur, serta mengonsumsi air mineral yang cukup sesuai kebutuhan tubuh. Jika orang beranggapan untuk harus mengonsumsi 8 gelas air mineral, pemenuhan tersebut pada dasarnya harus disesuaikan dengan kegiatan atau aktifitas sehari-hari. Minasan bisa mengonsumsi lebih banyak dari jumlah tersebut.
Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sebaiknya Minasan menghindari mengonsumsi cemilan tidak sehat selain makanan sehat untuk diet. Misalnya saja untuk konsumsi junk food atau jenis makanan ringan yang ada saat ini. Konsumsi tersebut tidak akan memberikan manfaat untuk Minasan apalagi untuk proses produksi ASI. Justru dengan konsumsi yang salah maka berat badan Minasan akan meningkat dan kesehatan bayi juga terganggu.
Sebenarnya untuk mengurus bayi Minasan sendiri juga menjadi aktifitas yang mampu membakar kalori. Sehingga Minasan bisa memanfaatkannya untuk program menurunkan berat badan. Namun jangan mengurangi konsumsi makanan seperti yang biasa Minasan lakukan. Makanan sehat untuk diet bagi ibu menyusui harus selalu ada dalam menu konsumsi Minasan setiap harinya. Dengan begitu akan lebih mudah bagi Minasan untuk mendapatkan tubuh sehat yang ideal dan mampu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk bayi. Maka Minasan akan mulai bisa membiasakan diri dengan kebiasaan hidup bersama makanan yang sehat.