Cara menghilangkan jerawat untuk setiap orang mungkin bisa berbeda-beda sesuai jenis kulit dan gaya hidupnya. Oleh sebab itu, jika ingin menghilangkan jerawat di kulit wajah, diwajibkan untuk memahami tingkat kesensitifan kulit sekaligus memperbaiki gaya hidup mulai dari kebiasaan makanan dan kebersihan.
Jerawat memang bisa hilang secara alami jika membersihkannya secara teratur dengan sabun cuci muka yang dianjurkan. Namun banyak juga tipe jerawat yang membandel dan sangat susah untuk dihilangkan. Bisa saja hari ini jerawat hilang, namun akan kambuh lagi beberapa hari ke depan. Hal itu jelas sangat menganggu, khususnya bagi kaum wanita yang ingin tampil cantik alami tanpa adanya gangguan jerawat.

Penyebab Jerawat

Sebelum menghilangkan jenis gangguan kulit ini, ada baiknya untuk memahami beberapa kemungkinan penyebabnya. Yang paling sering menyebabkan jerawat ialah faktor kebersihan. Jika tidak ingin memiliki kulit wajah yang berjerawat, maka jagalah kebersihan kulit wajah sekaligus mengubah kebiasaan sehari-hari yang terkait dengannya.
Penyebab lainnya adalah jenis kulit. Ada banyak orang yang bahkan sampai usia dewasa sangat jarang atau bahkan bisa dikatakan tidak pernah mengalami persoalan serius dengan jerawat. Penyebabnya adalah jenis kulit yang tingkat kelembabannya terjaga secara alami. Jerawat paling sering timbul di jenis kulit wajah berminyak, dan sebagian kasus terjadi pada kulit kering yang salah perawatan. Jadi, jika ingin mencegah timbulnya kembali jerawat, pastikanlah untuk selalu menjaga tingkat kelembaban kulit wajah.
Penyebab berikutnya adalah alat kosmetik dan cara perawatan sehari-hari. Pengaruh iklan berbagai produk kosmetik kerap menyebabkan sebagian wanita mengabaikan pentingnya mempertimbangkan pilihan tersebut. Beberapa jenis produk kosmetik bisa menyebabkan kulit wajah bereaksi akibat tingkat kesensitifan kulit. Jika sering timbul jerawat akibat pemakaian produk kosmetik tertentu, sebaiknya segera hentikan penggunaannya.
Penyebab terakhir adalah faktor genetik atau keturunan. Meskipun kasus ini sangat jarang terjadi, namun bisa saja seseorang bermasalah dengan jerawat akibat faktor keturunan. Namun tak usah khawatir karena setiap masalah jerawat sebenarnya bisa disembuhkan dan dicegah risiko kemunculannya asalkan dengan perawatan yang tepat.

Cara Alami

Nah, cara menghilangkan jerawat bisa dilakukan dengan metode alami yang memanfaatkan berbagai jenis bahan yang mudah kita dapatkan. Berikut ini ialah beberapa contohnya.

1. Daun Pepaya

Ambil beberapa helai daun pepaya yang sudah menua, lalu jemur sampai benar-benar kering. Setelah itu, buatlah ramuannya dengan cara melumatkan daun-daun tersebut dan campurkan dengan air. Selanjutnya ialah mengambil sari dari ramuan tersebut dengan cara memerasnya. Oleskan ke bagian kulit yang berjerawat dan tunggu selama sekitar 15 menit, kemudian bilas sampai bersih.

2. Pasta Gigi

Cara ini sangat gampang yaitu dengan mengoleskan pasta gigi ke bagian kulit yang berjerawat. Awalnya memang terasa perih, namun jangan khawatir karena lama kelamaan akan terbiasa. Tunggu beberapa menit sampai akhirnya terasa dingin. Lakukan saat menjelang tidur dan bersihkan selepas bangun keesokan harinya.

3. Bawang Putih

Cara ini sama dengan metode penggunaan pasta gigi. Diamkan selama sekitar 15 menit dan kemudian bilas sampai bersih. Cukup oleskan sehari sekali saja.

4. Lidah Buaya

Ambil potongan lidah buaya dan oleskan cairannya ke bagian kulit yang berjerawat. Lakukan dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore.

5. Jeruk Nipis dan Madu

Campurkan satu sendok jeruk nipis dan madu, aduk sampai merata kemudian oleskan pada kulit wajah Anda. Tunggu selama sekitar setengah jam dan bilas sampai bersih. Metode ini disarankan untuk dilakukan dua kali seminggu.