Madu tak hanya lezat dikonsumsi untuk bahan makanan. Sejak lama madu dipercaya memiliki khasiat yang beragam khususnya untuk kesehatan tubuh manusia. Dalam perkembangannya pun madu kini banyak dipakai dalam produk-produk kecantikan.
Penggunaan madu sangat baik untuk merawat kulit dan rambut. Pada kulit, madu dapat melembabkan sekaligus mencerahkan. Tak hanya itu, madu juga cukup populer sebagai obat herbal alami menghilangkan jerawat. Nah, jika Minasan penasaran bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan madu, simak informasi menarik di bawah ini.
Khasiat dan Cara Menggunakan Madu pada Kulit Berjerawat
Madu mengandung DNA, RNA, asam nukleat dan antibiotik. Ketika diminum bisa menjaga vitalitas seperti membuat kulit tetap kencang, halus, dan kenyal. Lalu, jika dipakai untuk obat luar, madu dapat mengurangi inflamasi atau peradangan, membunuh bakteri, mengurangi resiko infeksi, dan merangsang sel kulit beregenerasi agar dapat segera memperbaiki jaringan kulit rusak.
Selain khasiatnya, madu juga dikenal sebagai salah satu obat herbal atasi jerawat yang murah. Bahannya mudah didapat. Begitu pula dengan pengaplikasiannya yang sangat simpel. Jika ingin memakai madu untuk menghilangkan jerawat, begini caranya.
Cuci muka dengan pembersih dan air hangat. Ini agar pori-pori kulit terbuka dan membuat kotoran yang masuk dalam kulit mudah keluar.
Bilas wajah hingga kering dengan handuk atau tisu. Cara mengeringkannya dengan ditepuk-tepuk pelan pada wajah. Jangan menggosoknya karena bisa meninggalkan kotoran dan menempel di kulit.
Oleskan madu pada bagian-bagian wajah yang berjerawat. Carilah posoisi rileks dan diamkan hingga mengering. Durasi mengeringnya madu biasanya sekitar 10 sampai 15 menit.
Setelah itu, bilas kembali wajah dengan air hangat yang bersih. Pastikan wajah sudah benar-benar bersih dari madu yang menempel, lalu keringkan.
Terapkan langkah-langkah diatas secara rutin dan teratur. Hasil maksimal bisa didapat jika dipakai 2 sampai 3 kali dalam seminggu.
Memilih Madu yang Tepat untuk Menghilangkan Jerawat
Sebagai salah satu produk yang cukup populer di pasaran, madu ada beberapa macam seperti madu asli 100% dan madu campuran atau disebut palsu. Untuk mengobati jerawat wajah, pastikan Minasan menggunakan madu asli agar hasilnya lebih baik dan aman, serta tak menambah masalah karena penerapan madu yang salah.
Untuk mengetahui madu asli atau bukan, ada beberapa metode yang bisa dilakukan. Minasan bisa menerapkan salah satu atau mencoba beberapa cara agar yakin pada keaslian madu.
1. Dari kemasannya
Dalam pengemasannya, madu asli tidak memiliki atau tidak akan expired. Untuk itu, perhatikan kemasan sebelum membeli. Jika ada masa kadaluarsanya ada kemungkinan madu sudah dicampur bahan lain.
2. Uji dengan segelas air putih
Tuangkan madu secukupnya dalam segelas air putih. Perhatikan apakah madu tenggelam ke dasar gelas atau bercampur dengan air. Jika madu tenggelam berarti asli, tapi jika bercampur berarti madu sudah ditambahkan campuran air (dioplas).
3. Uji dengan korek api
Celupkan dan gesekan ujung korek api pada madu. Jika korek api bisa menyala berarti madu asli. Sebaliknya jika tak menyala, madu itu palsu. Alasan kenapa korek tak menyala pada madu palsu karena madu palsu sudah bercampur air yang membuat korek jadi basah.
4. Masukkan freezer
Madu asli tak akan membeku meski didinginkan di freezer. Sedangkan madu palsu sudah pasti akan mengeras.
5. Uji dengan kuning telur
Campurkan kuning telur dan madu. Jika terjadi penggumpalan maka madu asli. Madu bersifat asam dan telur adalah protein. Lazimnya, asam bercampur protein akan terkoagulasi atau menggumpal.