Bukan hanya disebabakan oleh perubahan hormon maupun kebiasaan buruk, jerawat juga dapat disebabakan karena adanya reaksi alergi terhadap jenis kosmetik tertentu. Beberapa orang merasakan alergi pada jenis kosmetik tertentu. Keadaan alergi ini dapat memicu timbulnya jerawat. Oleh karena itu, untuk menghindarinya Minasan perlu mengkonsultasikan mengenai jenis kosmetik yang cocok untuk jenis kulit Minasan. Terutama jika timbul gejala alergi seperti adanya benjolan kecil yang diiringi dengan kemerahan setelah Minasan menggunakan jenis kosmetik tertentu. Biasanya gejala alergi muncul tidak lama setelah pemakaian atau biasa juga memakan waktu sampai seharian.
Berbeda dengan jerawat dalam keadaan aktif yang terlihat menonjol dan memerah, bekas jerawat biasanya dalam keadaaan kempes dan pada umumnya tidak menimbukan rasa sakit seperti yang terjadi pada jerawat yang masih aktif. Namun tetap saja, bekas jerawat ini dapat menimbulkan masalah baru, yaitu noda menghitam pada wajah yang tentu saja dapat mengurangi estetika kulit. Jerawat dan bekas jerawat memerlukan perlakuan yang berbeda, baik itu dalam pengobatan maupun terapi dan perawatannya.
Untuk dapat mengatasinya, Minasan tidak hanya harus mengetahui mengenai cara menghilangkan jerawat, tapi juga cara untuk mencegah timbulnya bekas jerawat atau menghilangkan bekas jerawat dengan berkonsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Dokter akan melakukan pengobatan bukan hanya menghilangkan jerawat, namun juga mencegah potensi timbulnya bekas jerawat di kemudian hari dengan pengobatan yang sudah canggih. Beberapa tindakan yang biasanya dilakukan adalah dengan mikrodermabrasi, facial pada wajah, peeling, atau dengan menggunakan media laser.
Selain dengan melakukan beberapa tindakan medis, biasanya upaya penyembuhan ini juga di lengkapi dengan pemberian obat-obatan. Salah satu jenis obat yang biasanya diresepkan adalah benzoil peroksida yang biasanya diberikan dalam bentuk gel maupun cream. Benzoil peroksida digunakan untuk membunuh bakteri penyebab utama timbulnya jerawat. Agar dapat bekerja secara efektif, maka gunakanlah gel maupun cream benzoil peroksida sesuai dengan dosis dan cara penggunaan yang dianjurkan oleh dokter yang memeriksa kondisi Minasan berdasarkan berat ringannya jerawat Minasan. Selain benzoil peroksida jenis obat-obatan yang dapat digunakan adalah retin-A, isotretinoin, dan asam salisilat.
Minasan juga dapat menggunakan berbagai jenis bahan herbal seperti tomat, pepaya, madu, ataupun lidah buaya sebagai alternatif untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat. Selain bermanfaat dalam menghitamkan rambut, lidah buaya juga banyak digunakan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Lidah buaya berperan dalam melakukan regenerasi pada sel kulit mati atau yang mengalami kerusakan. Lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat tanpa noda yang menghitam.
Demikianlah berbagai cara menghilangkan jerawat dan noda hitam bekas jerawat yang dapat Minasan lakukan, semoga dapat bermanfaat. Agar jerawat tersebut tidak kembali muncul, Minasan perlu melakukan perawatan pada wajah Minasan dan tetap menjaga pola hidup terutama dalam mengkonsumsi berbagai jenis makanan tertentu dan kebiasaan diri dalam mencuci wajah. Jika diperlukan, Minasan juga dapat melakukan konsultasi ke dokter spesialis kulit.