Dalam istilah medis, jerawat dikenal dengan nama acne vulgaris. Jerawat disebabakan oleh adanya kelenjar minyak di folikel rambut. Pada umumnya, jerawat mulai menyerang bagian tertentu pada tubuh terutama bagian wajah ketika masuk masa pubertas, baik pada wanita maupun pria. Hal ini dipengaruhi oleh adanya aktivitas kelenjar hormon atau sebaceous gland yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal. Walaupun dirasa wajar, namun munculnya jerawat seringkali menjadi hal yang sangat menggangu terutama dalam pergaulan. Oleh karena itu, banyak cara yang dilakukan untuk menghilangkan jerawat tersebut.
Selain berkonsultasi ke dokter dan merubah pola hidup menjadi lebih baik, cara menghilangkan jerawat juga dapat dilakukan secara alami, yaitu dengan menggunakan bahan berkhasiat yang diperoleh dari alam. Berbagai bahan herbal memberikan banyak keuntungan. Selain efektif untuk mengatasi jerawat, bahan alami dipilih karena harganya yang relatif murah dan mudah ditemukan serta efek samping yang relatif kecil. Berikut ini merupakan beberapa bahan alami yang berkhasiat untuk menghilangkan jerawat.
1. Tomat
Untuk mengatasi jerawat, tomat dapat digunakan dengan cara menempelkan maupun mengusap-usapkan irisan tomat ke bagian wajah yang berjerawat tersebut selama 25 menit. Selain digunakan untuk mengilangkan jerawat, tomat juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat serta membuat kulit wajah lebih kencang. Untuk hasil yang maksimal, gunakan irisan tomat tersebut secara teratur.
2. Madu
Madu dapat digunakan untuk mengatasi jerawat, terutama untuk jerawat batu dan juga efektif untuk menghilangkan bekas jerawat. Adapun yang perlu dilakukan adalah dengan cara mencampur setengah sendok madu dengan setengah butir putih telur. Setelah tercampur, oleskan adonan tersebut ke wajah yang berjerawat. Untuk hasil yang maksimal, pemakaian madu pada wajah harus dilakukan secara teratur.
3. Jeruk Nipis
Kandungan vitamin C pada jeruk nipis baik digunakan untuk kulit terutama untuk menambah kecantikan pada kulit termasuk untuk mengatasi jerawat. Selain itu, jeruk nipis juga dapat menyebabkan kadar minyak di kulit wajah menurun sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat dan kulit terlihat lebih cerah. Cara penggunaannya cukup dengan mengoleskan perasan jeruk nipis ke bagian wajah yang berjerawat dan dibiarkan selama 30 menit. Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan dengan menggunakan jeruk nipis ini secara teratur.
4. Lemon
Merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin C yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat, terutama jerawat yang ada pada bagian wajah. Menghilangkan jerawat dengan lemon ini dapat dilakukan dengan cara mengoleskan perasan dari buah lemon pada wajah yang berjerawat dengan menggunakan kain yang bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka perlu dilakukan secara teratur.
5. Pepaya
Selain digunakan untuk menghilangkan jerawat, pepaya juga dapat digunakan untuk menghilangkan flek maupun noda hitam yang disebabkan oleh bekas jerawat pada wajah. Untuk dapat mendapatkan manfaat dari berbagai kandungan dalam buah pepaya ini, pepaya harus terlebih dahulu diolah menjadi masker yaitu dengan cara menghaluskannya dan mengoleskannya secara merata pada wajah dan didiamkan selama 25 menit. Setelah itu mencuci wajah dengan menggunakan air yang hangat hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal, penggunaan masker pepaya ini dapat dilakukan secara teratur.
Demikianlah beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat.
Sebelum menggunakan bahan alami tersebut, pastikan kulit wajah dalam keadaan bersih dengan mencuci wajah terlebih dahulu.