Bumbu Herbal

Bumbu masakan yang memiliki aroma kuat seringkali digunakan sebagai penyedap masakan. Namun, bumbu herbal ini memiliki anti-bakteri yang efektif membunuh bakteri penyebab bau badan sekaligus meninggalkan aroma wangi herbal di tubuh. Beberapa bumbu herbal yang bisa digunakan adalah jeruk nipis, rosemary kering, oregano kering, bubuk kayu manis, bubuk pala, kunyit, adas, serta jahe. Cara mengaplikasikannya adalah dengan menyeduh daun kering pada air mandi, atau menggunakan bubuk kering yang dijadikan pasta sebagai lulur saat mandi. Minasan juga bisa mengkombinasikannya untuk hasil yang lebih baik.

Teh Herbal

Ada banyak bahan herbal yang bisa dijadikan teh untuk mengusir bau badan yang tidak sedap. Salah satunya adalah green tea. Selain green tea, Minasan juga bisa memanfaatkan bunga chamomile, daun peppermint, atau dandelion. Tak hanya mendapatkan tubuh yang sehat, dengan teh herbal ini Minasan tidak akan mencium bau tak sedap lagi yang berasal dari tubuh.
Bau badan tidak hanya disebabkan oleh adanya bakteri di kulit kita, tetapi juga faktor hormon yang tidak seimbang. Hormon androgen adalah yang bertanggung jawab atas penyebab bau badan. Teh herbal yang dikonsumsi memiliki kandungan antioksidan yang mampu menyeimbangkan kadar hormon yang bergejolak, terutama pada saat masa puber.

Cuka Apel

Minuman hasil fermentasi buah apel ini terkenal mampu mengatasi beragam penyakit. Aroma dan rasanya yang asam juga bisa dijadikan penyedap rasa pada beberapa masakan. Selain itu, cuka apel juga bisa membunuh bakteri penyebab bau tak sedap. Ada banyak cara untuk menggunakannya, oleskan cuka apel pada ketiak sebelum mandi, pastikan tidak ada luka karena cuka apel dapat memberikan reaksi perih. Lalu bilaslah sebelum mandi. Atau larutkan dengan air terlebih dahulu jika kulit terasa sensitif.
Cuka apel dapat meningkatkan kadar pH kulit untuk menghilangkan bau badan yang disebabkan oleh bakteri. Cukup celupkan cotton bud atau kapas kedalam cuka apel dan usapkan ke ketiak Minasan.
source: https://www.dokter.id/berita/manfaat-cuka-apel-untuk-kesehatan

Minyak Aromaterapi

Memanfaatkan wangi aromaterapi berupa minyak atsiri memiliki manfaat yang lebih efektif dalam membunuh bakteri di udara maupun yang menempel di tubuh. Hasil penyulingan dari tanaman herbal ini memiliki aroma yang sangat tajam sehingga hanya dibutuhkan beberapa tetes minyak atsiri untuk dilarutkan ke dalam air mandi. Ada banyak jenis minyak atsiri yang mampu membunuh bakteri, diantaranya rosemary oil, lavender oil, tea tree oil, bergamot oil, geranium oil, dan sebagainya.
source: http://www.diets.ru/post/74170/
There are more than 90 essential oils, and each has its own health benefits. Most essential oil blend well with other essential oils in terms of function and odor, which allows herbalists to prepare a vast repertoire of aromatic essential oil combinations.
source: https://www.organicfacts.net/health-benefits/essential-oils/list-of-essential-oils.html
Itulah beberapa cara memanfaatkan bahan herbal di sekitar kita untuk mengusir bau badan. Selain untuk aplikasi luar, tentu saja hasilnya akan lebih baik jika diimbangi dengan minum teh herbal yang bekerja dari dalam. Selain terbebas dari bau badan tak sedap, Minasan juga bisa merasakan sensasi aroma rempah yang menenangkan seperti di spa.